Digital Library Fakultas Sains dan Matematika
Digital Library Fakultas Sains dan Matematika (dahulu Matematika dan Ilmu Pengetahunan Alam) Universitas Diponegoro merupakan salah satu unit bagian dari Fakultas Sains dan Matematika UNDIP yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada civitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Perpustakaan Fakultas Sains dan Matematika UNDIP dilengkapi dengan berbagai bahan pustaka yang meliputi bahan literatur buku, jurnal, karya-karya ilmiah baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
Sejarah Fakultas Sains dan Matematika UNDIP
Berdasarkan SK Rektor No. 63/SK/PT.09/1988 tanggal 5 April 1988 terbentuklah Badan Pengelola MIPA (BP MIPA) yang mempunyai tugas mengelola dan melaksanakan program studi Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0369/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993 didirikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Jurusan Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Untuk mengembangkan bidang keilmuan maka FMIPA menambah 4 program studi baru yaitu D3 Instrumentasi dan Elektronika, S1 Fisika Medik di bawah jurusan Fisika, program studi Statistika dan Ilmu Komputer sekarang Teknik Informatika di bawah jurusan Matematika. Pada saat ini Fakultas Sains dan Matematika juga mempunyai program strata 2 (S2) yaitu Magister Biologi dan Magister Fisika. Saat ini dengan berdasarkan SK Rektor Nomor : 08/SK/UN7/2012 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berubah nama menjadiFakultas Sains dan Matematika (FSM), yang terdiri dari jenjang S1 yaitu:
Jenjang D3 yaitu :
Jenjang S2 yaitu
Perpustakaan FSM menempati bagian ruang dekanat lantai I dengan luas kurang lebih 230 meter persegi.
1. Keanggotaan
Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Matematika. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan. Pendaftaran anggota bisa dilakukan secara online melalui digilib.fsm.undip.ac.id
2. Peminjaman Bahan Pustaka bagi Anggota
Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks yang berada di ruang sirkulasi, sedangkan koleksi referensi tidak boleh dipinjam.
3. Administrasi
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Pendaftaran keanggotaan
4. Ruang Referensi
Pelayanan Referensi diperuntukan bagi semua pengunjung dengan sistem terbuka (open acces) kecuali pelayanan skripsi pelayanan tertutup/ melalui petugas perpustakaan. Koleksi Referensi hanya boleh dibaca di tempat, koleksi boleh difotokopi kecuali skripsi.
5. Pelayanan Sirkulasi
Pelayanan Sirkulasi menggunakan sistem terbuka (open acces), pengunjung dapat memilih buku sendiri langsung ke rak-rak buku
6. Ruang Baca
Ruang baca tersedia di ruang sirkulasi dan ruang referensi
7. Fasilitas Internet
disediakan untuk pemustaka.
PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
A. PENDAHULUAN
Peraturan dan tata tertib perpustakaan diadakan dengan maksud agar penyelenggaraan perpustakaan dapat berlangsung secara tertib dan teratur. Peraturan perpustakaan digunakan sebagai pedoman baik bagi pustakawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari maupun bagi pemakai dalam menggunakan jasa perpustakaan
B. KEANGGOTAAN
1. Semua civitas FSM Universitas Diponegoro berhak menjadi anggota
2. Syarat menjadi anggota :
a. Mengisi formulir pendaftaran secara online di www.digilib.fsm.undip.ac.id
3. Kartu anggota perpustakaan berlaku selama menjadi mahasiswa dan setiap
tahun diperpanjang melalui petugas.
4. Untuk pengunjung dari luar FSM UNDIP:
a. Menunjukan kartu identitas yang berlaku
b. Hanya diberkenankan sebagai anggota baca/ tidak diperkenankan
meminjam koleksi
c. Untuk membaca kolekisi skripsi atau memfotokopi koleksi, pengunjung
harus menjadi anggota baca
d. Masa berlaku kartu baca selama satu semester
e. Menyerahkan pas foto 2 x 3 cm
C. WAKTU PELAYANAN
1. Pelayanan Sirkulasi/Referensi
a. Pelayanan Sirkulasi/ Referensi
Senin – Kamis |
: |
Jam 08.00-15.00 WIB |
Istirahat (Senin-Kamis) |
: |
Jam 12.00-13.00 WIB |
Jum'at |
: |
Jam 08.00-15.30 WIB |
Istirahat Jum’at |
: |
Jam 11.30-13.00 WIB |
b. Pelayanan Administrasi
Senin – Kamis |
: |
Jam 08.00-15.00 WIB |
Istirahat (Senin-Kamis) |
: |
Jam 12.00-13.00 WIB |
Jum'at |
: |
Jam 08.00-15.30 WIB |
Istirahat Jum’at |
: |
Jam 11.30-13.00 WIB |
D. SISTEM PELAYANAN
Sistem pelayanan yang digunakan adalah “Layanan Terbuka” (open acces) yaitu bahwa pemakai dapat secara bebas/langsung memilih atau mencari bahan pustaka yang diinginkan, kecuali Skripsi . Untuk skripsi menggunakan sistem pelayanan tertutup/ dilayani memalui petugas.
E. KETENTUAN DAN ATURAN PAKAI
1. Kartu anggota tidak berlaku untuk anggota lain
2. Memeriksa kelengkapan halaman buku pada saat peminjaman
3. Jumlah dan waktu peminjaman
a. Mahasiswa
Maksimal 2 buku selama 2 (dua) minggu
b. Dosen
Maksimal 5 buku / selama 1 semester untuk buku pegangan mata kuliah
dan 2 minggu untuk non pegangan kuliah
c. Karyawan
Maksimal 5 buku selama 1 semester
F. KETENTUAN PENGUNJUNG
1. Meletakan jaket, tas, map, peralatan yg lain di tempat yang telah disediakan
2. Mengisi daftar hadir pengunjung (digital / manual)
3. Mahasiswa yang akan membaca skripsi harus menunjukan kartu anggota/
kartu baca perpustakaan yang masih aktif
4. Dilarang memfotokopi me-scan artikel, gambar, tabel skripsi
5. Memelihara dan menjaga keutuhan dan kebersihan koleksi
G. KEWAJIBAN PENGGUNA
1. Menjaga kebersihan dan ketenangan ruang perpustakaan
2. Mentaati peraturan dan tata tertib perpustakaan
H. SANKSI
1. Merusak atau menghilangkan buku diharuskan mengganti dengan buku yang
sama (asli), bila fotokopi dibuat hardcover rangkap 2 (dua)
2. Terlambat mengembalikan pinjaman dikenakan denda Rp 1000,00/buku/hari,
buku koleksi referensi Rp. 5000/ jam/buku
I. BEBAS PUSTAKA
1. Bebas pustaka diberikan kepada :
a. Mahasiswa yang tercatat sebagai anggota perpustakaan
b. Mahasiswa yang akan wisuda, dengan menyerahkan 1 eks. Skripsi dan 2
abstrak skripsi dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris dijadikan 1
lembar, meyerahkan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani
serta menyerahkan draft skripsi dalam bentuk softfile dalam cd 1 buah/
keping tanpa wadah (casing)
c. Mahasiswa yang cuti kuliah, heregistrasi, pindah/berhenti kuliah dengan
menyerahkan fotocopy surat permohonan undur diri
d. Dosen/karyawan yang pindah/ berhenti bekerja.
J. TATA TERTIB
1. Pengunjung diwajibkan berpakaian sopan
2. Menjaga ketenangan, ketertiban, kebersihan, dan keamanan
3. Tidak membuat coretan di meja, kursi, dinding
4. Tidak diperkenankan mengembalikan koleksi ke dalam rak.
5. Tidak diperkenankan Merubah posisi kursi dan meja.
Pengelola Perpustakaan
Alamat email: digilib.fsm.undip2019@gmail.com