Text
Penerapan Metode Usability Testing untuk Mengevaluasi Kebergunaan Sistem Informasi Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro
ABSTRAK
Sistem Informasi Kemahasiswaan (SISKA) merupakan suatu sistem yang dibangun dengan tujuan untuk membantu kinerja pihak Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro dalam mengelola dan mengolah data kemahasiswaan mengenai data Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), delegasi mahasiswa, beasiswa dan kegiatan Organisasi Mahasiswa. Evaluasi kebergunaan harus dilakukan untuk memastikan bahwa sistem sudah usable atau berguna sehingga dapat memberikan kemudahan dan kepuasan bagi pengguna dalam menggunakan sistem. Salah satu cara untuk mengevaluasi kebergunaan sistem adalah menggunakan metode usability testing. Penelitian ini menerapkan standar ISO 9241-11 (1998) yang menggunakan aspek effectiveness, efficiency dan satisfaction sebagai dasar untuk mengukur kebergunaan sistem. Selain itu, aspek learnability dalam model usability Nielsen (1993) juga digunakan untuk mengukur kebergunaan sistem. Sebanyak 35 responden dipilih untuk menjalani serangkaian pengujian usability. Selama prosedur dilaksanakan, responden diminta untuk menyelesaikan tugas yang telah ditentukan serta mengisi kuesioner berupa System Usability Scale (SUS) dan tingkat kesulitan tugas. Berdasarkan hasil pengujian usability, nilai effectiveness mencapai 70,89% dan nilai efficiency mencapai 45,76%. Berdasarkan hasil kuesioner, nilai satisfaction sebesar 64,78% dan nilai learnability mencapai 72,36%. Dari hasil analisis permasalahan usability menghasilkan rekomendasi perbaikan sistem seperti menyediakan menu untuk pedoman atau petunjuk cara menggunakan SISKA, mengubah tampilan menu navigasi menjadi menu dropdown untuk setiap sub menu dengan kategori yang sama, memindahkan letak kolom nama ke depan kolom NIM atau kolom NIP, dan menampilkan kembali data email pada form ubah beasiswa.
Kata kunci: pengujian usability, effektivitas, efisiensi, kepuasan, mudah dipelajari, sistem informasi kemahasiswaan, system usability scale
ABSTRACT
The Student Information System (SISKA) is a system that was built with the aim of helping the performance of the Diponegoro University Faculty of Science and Mathematics in managing and processing student data regarding Student Creativity Program (PKM) data, student delegations, scholarships and student organization’s events. Usability evaluation must be done to ensure that the system can be used to provide easiness and satisfaction for users in using the system. One way to evaluate the usability of the system is to use the usability testing method. This study uses the ISO 9241-11 (1998) standard that uses the basis of effectiveness, efficiency and satisfaction as a basis for measuring usability system. In addition, the learnability aspect in Nielsen's (1993) usability model is also used to measure usability system. 35 respondents were selected who were asked to complete the assigned tasks and fill out the questionnaire in the form of a System Usability Scale (SUS) and the level of difficulty of the task. Based on the results of the usability assessment, the value of effectiveness reaches 70.89% and the value ofefficiency reaches 45.76%. Based on the results of the questionnaire, the value of satisfaction is 64.78% and the value of learnability is 72.36%. Based on usability problem analysis, results in recommendations for system improvements such as providing menus for guidelines or instructions on how to use SISKA, changing the navigation menu display to dropdown menus for each sub menu in the same category, moving the position field name to the front field for NIM or NIP, and re-display email data on the form edit scholarship.
Keywords: usability testing, effectiveness, efficiency, satisfaction, learnability, student information system, system usability scale
738F19III | 738 F 19-ii | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain