Text
Evaluasi Ketergunaan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Dari Sudut Pandang Pengguna (Di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah)
ABSTRAK
Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah (SIPES DLHK) adalah sebuah sistem yang dibuat dengan tujuan untuk mengelola surat masuk dan surat keluar yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, agar proses pengarsipan, disposisi surat, dan pendistribusian surat menjadi lebih mudah dan efisien. Sebelumnya, sistem ini sudah diuji dengan metode black box dan mendapatkan hasil bahwa SIPES DLHK telah diterima dan memenuhi semua kebutuhan fungsional yang telah disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ketergunaan (usability) pada SIPES DLHK dengan 3 aspek usability yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Pengujian usability dilakukan sebanyak 2 kali terhadap 25 responden yang terdiri dari 2 responden pengadministrasi umum, 2 responden kepala dinas & sekretaris dinas, 8 responden pengolah surat, 2 responden tata usaha dan 11 responden pengunjung sistem dengan menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh pengguna ketika menggunakan sistem. Pada hasil pengujian ke-1, didapatkan nilai evaluasi pada masing-masing aspek usability yang mengindikasikan beberapa masalah dan kekurangan pada sistem. Hampir semua kelompok responden mempunyai objek masalah yang sama yaitu berkaitan dengan tombol, scrolling horizontal pada data tabel, letak menu, fitur, dan kata kunci pencarian informasi progres surat masuk. Berdasarkan objek masalah yang telah ditemukan, maka didapatkan rekomendasi untuk perbaikan pada SIPES DLHK seperti perubahan tombol icon menjadi tombol dengan tulisan, perubahan letak menu, penambahan fitur cetak kartu surat masuk, penambahan petunjuk halaman dan perubahan kata kunci pencarian informasi progres surat masuk. Pada hasil pengujian ke-2, setelah dilakukan perbaikan pada SIPES DLHK didapatkan peningkatan nilai evaluasi pada masing-masing kelompok responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIPES DLHK yang sudah dilakukan perbaikan lebih berguna (usable) karena dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam mencapai tujuannya secara efektif, efisien dan memuaskan bagi pengguna.
Kata kunci : Evaluasi, Sistem Pengelolaan Surat, Usability, Usability Testing.
ABSTRACT
Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah (SIPES DLHK) was a system designed to manage incoming letters and outgoing letters at the Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, so the filing process disposition of letters, and distribution of letters to be more easy and efficient. Previously, this system had been tested with the black box method and had the result that SIPES DLHK had been received and fulfilled all agreed functional requirements. This study aims to measure the usability of SIPES DLHK with 3 usability aspects, namely effectiveness, efficiency, and satisfaction. Usability testing was conducted twice on 25 respondents consisting of 2 respondents general administration, 2 official service respondents & official secretaries, 8 letter processing respondents, 2 administrative respondents and 11 respondents to system visitors by analyzing the problems faced by users when using the system. In the results of the first test, the evaluation value for each aspect of usability was obtained which indicated several problems and deficiencies in the system. Almost all respondent groups have the same object problem, which is related to buttons, horizontal scrolling on table data, menu location, features, and keyword search information for incoming mail progress. Based on the object problems that have been found, the recommendations for improvement on SIPES DLHK such as changing the icon button into a button with writing, changing the location of the menu, adding the incoming mail card printing feature, adding page instructions and changing keyword search information on incoming mail progress. In the results of the second test, after improvements to the SIPES DLHK there was an increase in the evaluation value of each group of respondents. The results of the study show that the SIPES DLHK that has been repaired is more useful (usable) because it can be used in accordance with user needs in achieving its objectives effectively, efficiently and satisfactorily for the user.
Keywords : Evaluation, Letter Management System, Usability, Usability Testing.
733F19III | 733 F 19-ii | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain