Text
Pemodelan Kredibilitas Endorsement dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen menggunakan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus pada Endorsement Brand Focallure oleh Beauty Vlogger Tasya Farasya)
ABSTRAK
Dalam meningkatkan loyalitas konsumen produk Focallure, Perusahaan senantiasa meningkatkan citra merek Focallure dan sistem periklanan Focallure. Endorsement merupakan sistem periklanan yang digunakan oleh Focallure untuk memperkenalkan produk di Indonesia. Endorsement Focallure dilakukan oleh beauty vlogger Tasya Farasya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model kredibilitas endorsement dan citra merek pada loyalitas konsumen Focallure dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square. Model yang dibentuk oleh Partial Least Square dapat diuji untuk menentukan hubungan antar variabel. Variabel-variabel yang diuji adalah trustworthiness, expertise, attractiveness, kesesuaian endorser dengan produk, daya tarik iklan, citra merek, dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menghasilkan 2 model, yang pertama adalah model kredibilitas endorsement terhadap daya tarik iklan yang dijelaskan oleh trustworthiness dan kesesuaian endorser dan produk. Model kedua adalah model loyalitas konsumen yang dijelaskan oleh citra merek dan daya tarik iklan. Berdasarkan model, attractiveness dan kesesuaian endorser dan produk memiliki hubungan yang signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui daya tarik iklan, sedangkan trustworthiness dan expertise tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui daya tarik iklan. Citra merek dan daya tarik iklan memiliki hubungan yang signifikan dengan loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Citra Merek,Endorsement, Loyalitas Konsumen, Partial Least Square
ABSTRACT
To increase consumer loyalty of Focallure products, the Company continues to improve the Focallure brand image and Focallure advertising system. Endorsement is an advertising system used by Focallure to introduce their products in Indonesia. The Focallure endorsement was carried out by beauty vlogger Tasya Farasya. The aim of the research is to create an endorsement credibility model on consumer loyalty by using Partial Least Square approach. The model formed by Partial Least Square can be tested to determine the relationship between variables. The variables are tested were trustworthiness, expertise, attractiveness of endorser, suitability of endorser and product, attractivenessof advertisement, brand image, and consumer loyalty. The research produced 2 models, the first is the model of endorsement on attractiveness of advertisements explained by trustworthiness and the suitability of endorsers and endorse products, and the second is the model consumer loyalty explained by brand image and attractiveness of advertisement. Based on the model, attractiveness of endorser and suitability of endorser and products had a significant relationship to consumer loyalty through the attractiveness of advertisement, while trustworthiness on endorser and expertise of endorser did not have a significant relationship to consumer loyalty through the attractiveness of advertisement. Brand image and advertisement attractiveness have a significant relationship to consumer loyalty.
Keywords: Brand Image, Endorsement, Customer Loyalty, Partial Least Square
705E19III | 705 E 19-ii | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain