Text
Analisis Model Tam, Variabel Trust Transfer, Dan Seller Reputation Pada Penggunaan E-Marketplace
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
penggunaan e-marketplace yang dipelajari melalui persepsi masyarakat, kepercayaan
terhadap teknologi, serta pengaruh reputasi penjual. Model teori yang digunakan pada
penelitian ini adalah model Technology Acceptance Model (TAM) dengan gabungan
variabel Trust to E-marketplace, teori Trust Transfer, dan variabel Seller Reputation.
Model tersebut diterapkan pada 199 sampel dengan menggunakan Partial Least Square
(PLS) untuk menguji model konseptual. Penelitian ini menemukan bahwa faktor- faktor
yang mempengaruhi niat masyarakat dalam menggunakan e-marketplace adalah daya
guna, kepercayaan, reputasi penjual, serta kepercayaan terhadap penyedia layanan emarketplace. Selain itu, reputasi penjual juga mampu mempengaruhi kepercayaan terhadap
e-marketplace. Juga ditemukan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap internet
mampu mempengaruhi kepercayaan terhadap penyedia layanan e-marketplace dan
kepercayaan terhadap penyedia layanan mampu mempengaruhi kepercayaan terhadap
penjualnya. Dari hasil pengujian terkait pengaruh trust transfer dapat dilihat bahwa
hubungan antara kepercayaan terhadap penyedia layanan dengan kepercayaan terhadap
penjual memiliki pengaruh yang paling signifikan dengan nilai t-statistics yang diperoleh
sebesar 13,915. Kemudian dari pengujian variabel seller reputation dapat diketahui bahwa
hubungan antara reputasi penjual terhadap kepercayaan pengguna memiliki pengaruh yang
paling signifikan dengan nilai t-statistics yang diperoleh sebesar 10,362. Sedangkan untuk
pengaruh kepercayaan pengguna terhadap niat penggunaan e-marketplace mendapatkan
nilai t-statistics sebesar 2,085.
Kata kunci: E-Marketplace, TAM, Trust, Trust Transfer, Seller Reputationvi
ABSTRACT
The aim of this research is to find what factors affecting the usage of e-marketplace which
studied through society perception, believes in technology, and seller reputation effect.
Theory model which is used in this research is the technology acceptance model (TAM)
combined with a few variables which are Trust to E-marketplace, Trust Transfer theory,
and Seller Reputation. This model was applied to 199 samples using partial least square
(PLS) for testing the conceptual model. This research found that there are several factors
which affect the society intention of using e-marketplace which are usefulness, beliefs,
seller reputation, and trust toward e-marketplace provider. Furthermore, seller reputation
can also affect user beliefs toward e-marketplace. Other findings of this research found that
the level of trust in society toward the internet can affect the trust toward e-marketplace
provider and the trust toward provider can affect user trust toward the seller. From the
results of testing related to the effect of trust transfers can be seen that the relationship
between trust toward provider with trust toward seller has the most significant influence
with the value of t-statistics obtained at 13.915. Then from testing seller reputation
variables it can be seen that the relationship between the seller reputation and the user's
trust has the most significant influence with the value of t-statistics obtained at 10.362.
Whereas for the influence of user trust toward e-marketplace behavioral intention to use
get t-statistics value of 2.085.
Keywords— E-Marketplace, TAM, Trust, Trust Transfer, Seller Reputation.
707F19II | 707 F 19 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain