Text
Evaluasi Tata Kelola Sistem Pelayanan Online Data Kependudukan Menggunakan Cobit 5 Domain DSS (Deliver, Service, And Support) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang)
ABSTRAK
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang merupakan unsur pelaksana
Pemerintah Daerah di bidang administrasi kependudukan. Salah satu bentuk pelayanan
yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang di
bidang administrasi kependudukan adalah pemanfaatan data kependudukan berbasis
teknologi melalui sistem pelayanan online data kependudukan. Masyarakat bisa
mendapatkan hasil data kependudukan yang lebih tepat dan akurat melalui sistem
pelayanan online data kependudukan. Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Batang selama ini belum pernah melakukan evaluasi terhadap teknologi
informasi yang telah diterapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi pada sistem
pelayanan online data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Batang untuk mengetahui apakah teknologi informasi yang diimplementasikan
sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mendukung pencapaian tujuan strategis instansi.
Standar yang digunakan untuk mengevaluasi penerapan teknologi informasi adalah COBIT
5. Domain COBIT 5 yang dipilih adalah Deliver, Service, and Support (DSS) yang fokus
pada penilaian pengiriman dan layanan teknologi informasi serta dukungannya termasuk
pengelolaan masalah agar keberlanjutan layanan tetap terjaga. Hasil capability level yang
diperoleh yaitu level 2 untuk proses DSS03, DSS05, dan DSS06, serta level 3 untuk proses
DSS01, DSS02, dan DSS04. Level target yang ingin dicapai adalah 5 yaitu optimizing
process, sehingga rekomendasi yang dapat dilakukan adalah memaksimalkan proses yang
sudah berjalan dengan baik, melakukan perencanaan prediksi kedepan dan membuat
inovasi-inovasi terhadap proses bisnis agar berjalan lebih baik.
Kata kunci : Evaluasi, Sistem Pelayanan Online Data Kependudukan, COBIT 5, Domain
DSS, Capability LevelABSTRACT
Population and Civil Registration Agency of Batang Regency is an implementing elements
of Regional Government in the field of population administration. One form of service
provided by the Population and Civil Registration Agency of Batang Regency in the field
of population administration is the utilization of technology-based population data through
the online service system of population data. The society are able to get the results of
population data that is more precise and accurate through the online service system of
population data. However, the Population and Civil Registration Agency of Batang
Regency has never carried out an evaluation towards the information technology that has
been implemented. Therefore, it is necessary to evaluate the online service system of
population data at the Population and Civil Registration Agency of the Batang Regency.
This is done in order to find out whether the implemented information technology is in
accordance with what is expected and supports the achievement of agency strategic goals.
The standard used to evaluate the application of information technology is COBIT 5. The
chosen COBIT 5 domain is Deliver, Services, and Support (DSS) which focuses on the
assessment of shipping and information technology services and its support including
problem management so that service sustainability is maintained. The results of capability
level obtained are level 2 for DSS03, DSS05, and DSS06 processes, and level 3 for
DSS01, DSS02, and DSS04 processes. The target level to be achieved is 5, namely
optimizing the process, so the recommendations that can be made are maximizing the
process that has been going well, planning future predictions and making innovations on
business processes, so it runs better.
Keywords: Evaluation, Online Service System of Population Data, COBIT 5, DSS
Domain, Capability Level
719F19II | 719 F 19 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain