Text
Penerapan Metode Weighted Product (WP) dan Elimination Et Choix Tranduisant La Realité (ELECTRE) dengan Pembobotan Entropy Menggunakan GUI Matlab (Studi Kasus: Pemilihan Hero Terkuat Arena of Valor)
ABSTRAK
Arena of Valor (AOV) adalah mobile game yang diterbitkan oleh Garena di Indonesia. Lima pemain dari setiap tim masing-masing memilih hero yang akan dimainkan dalam permainan. Dengan memilih hero terkuat dari masing-masing role dapat memudahkan tim dalam menyusun strategi komposisi hero yang akan dipakai untuk meraih kemenangan. Pembobotan masing-masing kriteria dan pemilihan hero terkuat juga menjadi bahan pertimbangan oleh pihak pengembang untuk melakukan kontrol game agar stabil dan seimbang. Alternatif yang digunakan yaitu hero dari masing-masing role (Tank, Warrior, Assassin, Mage, Archer dan Support), sedangkan kriterianya adalah tingkat efek kemampuan (skill), maksimum HP (Health Points), serangan fisik, pertahanan dari serangan fisik, kecepatan pergerakan dan pemulihan HP setiap 5 detik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode WP dan ELECTRE untuk memilih hero terkuat dengan pembobotan metode Entropy. Penelitian ini menghasilkan sebuah GUI Matlab yang dapat digunakan untuk memudahkan komputasi dalam penyeleksian. Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa hero terkuat dalam AOV adalah Grakk (Tank), Astrid (Warrior), Ormarr (Warrior), Murad (Warrior/Assassin), Lauriel (Mage/Assassin), The Joker (Archer) dan Alice (Support). Sedangkan kriteria dengan bobot tertinggi adalah tingkat efek kemampuan.
Kata Kunci: AOV, Garena Indonesia, WP, ELECTRE, Entropy, GUI Matlab
ABSTRACT
Arena of Valor (AOV) is a mobile game published by Garena in Indonesia. There will be 5 players in each team, selecting a hero to play in the game. By selecting the strongest hero each role can help facilitate team to strategize the composition of heroes that will be used to achieve victory. Weighting each criteria and selecting the strongest hero also become a consideration to control the game to be stable and balanced by the developer. The alternatives are all hero from each role (Tank, Warrior, Assassin, Mage, Archer and Support), while the criterias are skill effect points, maximum HP (Health Points), physical attack, physical defense, movement speed and HP recovery every 5 seconds. In this study, the writer uses WP and ELECTRE methods to select the strongest hero with Entropy weighting method. This study produce a Matlab GUI that can be used to facilitate computational selection. The results show that the strongest hero in AOV are Grakk (Tank), Astrid (Warrior), Ormarr (Warrior), Murad (Warrior/Assassin), Lauriel (Mage/Assassin), The Joker (Archer) and Alice (Support). While the criteria with the highest weighting is the skill.
Keywords: AOV, Garena Indonesia, WP, ELECTRE, Entropy, GUI Matlab
693E19I | 693 E 19-i | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain