Text
Sintesis Komposit Bismut Oksida Dan Karbon Aktif Untuk Anoda Baterai
ABSTRAK
Baterai memiliki komponen penting yang membentuk suatu reaksi kimia
sehingga menghasilkan aliran listrik. Komponen tersebut antara lain : elektroda (anoda
& katoda), elektrolit dan separator. Bismut oksida berpotensi digunakan untuk anoda
baterai karena tidak beracun, relatif murah dan memiliki nilai kapasitas volumetrik
yang besar. Salah satu hambatan penggunaan bismut oksida sebagai anoda baterai
karena nilai konduktivitas yang rendah. Nilai konduktivitas yang rendah bisa diatasi
dengan penambahan material lain yang memiliki nilai konduktivitas yang lebih tinggi,
salah satunya adalah dengan penambahan karbon aktif. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mensintesis komposit bismut oksida/karbon aktif untuk anoda baterai dan
menguji nilai konduktivitas komposit bismut oksida/karbon aktif.
Hasil dari karakterisasi SEM-EDX dari sampel komposit bismuth oksida dan
karbon aktif menunjukkan citra berupa pori dengan kandungan C sebesar 69,31% dan
Bi sebesar 0,20%. Spektra FTIR yang dihasilkan ketiga sampel komposit mempunyai
perbedaan mencolok dengan adanya puncak Bi-O pada bilangan gelombang 1385 cm-
1 dan Bi-O-Bi pada bilangan gelombang sekitar 794 cm-1 dan 615 cm-1. Puncak difraksi
XRD menunjukkan puncak Bi2O3 pada 2Ɵ 27,30 dan 330. Pengujian konduktivitas
menggunakan EIS menunjukkan hasil sampel Bi:CA 2:1 sebesar 0,51368×10-5 S.m-1,
sampel Bi:CA 1:1 sebesar 1,23737×10-5 S.m-1 dan sampel Bi:CA 1:2 sebesar 0,59360
×10-5 S.m-1. Konduktivitas tertinggi terdapat pada sampel Bi:CA 1:1 sebesar
1,23737×10-5 S.m-1.
Kata kunci : Anoda Baterai, Komposit, Bismut Oksida, Karbon Aktif
ABSTRACT
Batteries have important components that form a chemical reaction that
produces electricity. These components include: electrodes (anodes & cathodes),
electrolytes and separators. Bismuth oxide is potentially used as a battery anode
because it is non-toxic, relatively cheap and has a large volumetric capacity value. One
obstacle to using bismuth oxide as a battery anode is because of its low conductivity
value. The low conductivity value can be overcome by adding other materials that have
a higher conductivity value, one of which is the addition of activated carbon. The
purpose of this study was to synthesize bismuth oxide/activated carbon composites for
battery anodes and test the conductivity values of bismuth oxide/activated carbon
composites.
The results of SEM-EDX characterization of bismuth oxide and activated
carbon composite samples showed pore images with C content of 69.31% and Bi of
0.20%. The FTIR spectra generated by the three composite samples have a striking
difference with the presence of Bi-O peaks at wave number 1385 cm-1 and Bi-O-Bi at
wave numbers around 794 cm-1 and 615 cm-1. The XRD diffraction peak shows the
peak of Bi2O3 at 2Ɵ 27.30 and 330. The conductivity test using EIS shows Bi:CA 2:1
sample results of 0.51368 × 10-5 Sm-1, Bi:CA 1:1 samples at 1,23737 × 10-5 Sm-1 and
Bi:CA 1:2 samples for 0.59360 × 10-5 Sm-1. The highest conductivity was found in the
Bi:CA 1:1 sample of 1,23737 × 10-5 Sm-1.
Keyword : Battery Anodes, Composites, Bismuth Oxides, Activated Carbon
1561C19I | 1561 C 19-i | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain