Text
Pengaruh Loyalitas Pelanggan E-Commerce dengan Metode TAM dan UTAUT
ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan internet di Indonesia berdampak pada jual beli online. Situs jual
beli online yang bermunculan mengakibatkan persaingan semakin kompetitif. Situs jual beli
online harus menetapkan strategi tepat untuk bertahan pada pasar yang kompetitif. Pelanggan
dengan kepuasan, kepercayaan, dan niat menggunakan menjadi aspek yang diyakini
mendorong loyalitas yang berguna sebagai kunci kelangsungan bisnis perusahaan. Sistem
rekomendasi yang ada di situs lazada.com menjadi strategi tepat dalam penawaran produk
untuk menjaga loyalitas pelanggan. Sistem rekomendasi dikembangkan dengan konsep
personalisasi dan kehadiran sosial. Penerimaan sistem rekomendasi menjadi tujuan dari
pemilik jual beli online. Penelitian ini menggunakan teori technology acceptance model (TAM)
dan unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) untuk melihat pengaruh
sistem rekomendasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan, kepercayaan, dan niat
menggunakan. Menggunakan data dari 171 pengguna layanan situs lazada.com, dan dianalisis
menggunakan metode statistika yaitu structural equation modelling partial least square
membuktikan bahwa personalisasi pada sistem rekomendasi berpengaruh terhadap loyalitas
melalui konsep penerimaan, kepercayaan, dan niat menggunakan sistem.
Kata kunci: E-Commerce, Sistem Rekomendasi, TAM, UTAUT, Kepuasan, Kepercayaan,
dan Loyalitas
ABSTRACT
Technological and internet developments in Indonesia have an impact on buying and selling
online. Online buying and selling sites that have emerged have resulted in increasingly
competitive competition. Online buying and selling sites must establish the right strategy to
survive in a competitive market. Customers with satisfaction, trust, and intention to use are
aspects that are believed to encourage loyalty that is useful as a key to the company's business
continuity. The recommendation system on the lazada.com website is the right strategy in
offering products to maintain customer loyalty. The recommendation system was developed
with the concept of personalization and social presence. The acceptance of the recommendation
system is the goal of the owner of buying and selling online. This study uses the technology
acceptance model and unified theory of acceptance and use of technology theory to see the
effect of the recommendation system on customer loyalty through satisfaction, trust, and
intention to use. Using data from 171 users of the lazada.com site service, and analyzed using
statistical methods, structural equation modeling partial least square proves that personalization
in the recommendation system affects loyalty through the concepts of acceptance, trust, and
intentionto use the system.
Keyword: E-Commerce, Recommended System, TAM, UTAUT, Satisfaction, Trust and
Loyalty
674F18IV | 674 F 18 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain