Text
Aplikasi Pemesanan Jasa Servis Kendaraan Berbasis Web Menggunakan Model Pengembangan Prototype (Studi Kasus: Jasa Servis MotoCare)
ABSTRAK
Kendaraan merupakan salah satu elemen yang sangat penting bagi kebutuhan masyarakat untuk menunjang kehidupan mereka. Kendaraan perlu diservis secara berkala agar dapat digunakan secara efektif oleh mereka. Salah satu layanan bisnis yang bergerak pada bidang perawatan kendaraan di Kota Semarang adalah MotoCare. Selama ini pelanggan yang ingin menggunakan jasanya harus menghubungi admin MotoCare secara langsung untuk menentukan jadwal servis, jenis servis, bengkel, dan lain-lain. Hal tersebut akan cukup merepotkan bagi pelanggan dan MotoCare apabila jumlah pelanggan yang ingin memesan jasa servis sangat banyak. Masalah yang muncul dari kondisi tersebut seperti proses pemesanan jasa servis yang tidak efisien, kesulitan untuk megelola data pesanan karena belum adanya pencatatan data yang baik, dan pelanggan kesulitan mengetahui keberadaan kendaraannya ketika sedang diservis oleh driver MotoCare di suatu bengkel. Dengan adanya masalah tersebut maka dibuatlah aplikasi pemesanan jasa servis kendaraan MotoCare. Aplikasi yang dibangun menggunakan model pengembangan prototype. Model pengembangan ini dipilih karena aplikasi dapat dibangun secara utuh dan sesuai dengan kebutuhan klien. Aplikasi ini dapat membantu proses pemesanan servis kendaraan secara efisien, data pesanan dari pelanggan dapat dikelola dengan mudah oleh admin MotoCare, dan pelanggan dapat melacak lokasi driver MotoCare yang sedang menyervis kendaraannya.
Kata Kunci: Kendaraan, servis, MotoCare, model pengembangan prototype
ABSTRACT
Vehicle are one element that is very important for the needs of society to support their lives. Vehicle need to be serviced regularly to be used effectively by them. One of the business services engaged in vehicle maintenance in Semarang is MotoCare. During this time customers who want to use their services must contact the MotoCare admin directly to determine the service schedule, service type, workshop, etc. This will be quite inconvenient for customers and MotoCare if the number of customers who want to order service is very large. Problems that arise from these conditions such as the process of ordering services that are not efficient, the difficulty of managing order data because there is no good data recording, and customers have difficulty knowing the location of the vehicle when being serviced by the MotoCare driver in a workshop. With the problem which has been described, therefore it tooks MotoCare vehicle service booking application. This application was built using prototype development model. This development model was chosen because the application can be built in full and in accordance with client needs. This application can help the process of ordering vehicle services efficiently, order data from customers can be managed easily by the MotoCare admin, and customers can track the location of MotoCare drivers who are servicing their vehicles.
Keywords: Vehicle, service, MotoCare, prototype development model
669F18IV | 669 F 18 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain