Text
Implementasi Logika Fuzzy Tsukamoto Untuk Kecerdasan Buatan Game Turn-Based RPG
ABSTRAK
Turn-based Role Playing Game (RPG) adalah salah satu genre video game yang menggunakan sistem pertarungan antara dua kubu yang salah satunya dikontrol oleh pemain dan kubu lainnya oleh kecerdasan buatan. Pada RPG yang beredar di pasaran masih banyak game yang memiliki sistem kecerdasan buatan yang masih belum dapat mengambil keputusan yang paling baik untuk memenangkan pertarungan. Pada penelitian ini dibuat potongan dari game RPG yang didasarkan pada konvensi genre yang ditemukan pada game serupa. Setelah itu dibuat sistem kecerdasan buatan untuk mengontrol kubu musuh yang mampu melakukan pengambilan keputusan dengan tepat dalam pertarungan pada game tersebut. Logika fuzzy digunakan pada sistem kecerdasan buatan sebagai fungsi untuk melakukan pembobotan atas pilihan keputusan yang dapat dilakukan. Sistem kecerdasan buatan akan menggunakan metode inferensi Tsukamoto dan metode defuzzifikasi centroid karena nilai keluaran yang diperlukan adalah sebuah bilangan crisp yang merepresentasikan bobot suatu keputusan. Game dibuat menggunakan engine Unity3D dan bahasa pemrograman C#. Proses pengembangan dilakukan dengan metode extremme programming. Setelah pengembangan selesai, kinerja dari sistem kecerdasan buatan yang dihasilkan diuji apakah sudah mampu melakukan pengambilan keputusan yang tepat pada pertarungan dari game yang telah dibuat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem kecerdasan buatan berbasis logika fuzzy yang dapat bekerja dengan baik pada sebuah game yang didasarkan pada RPG pada umumnya.
Kata Kunci : Game, RPG, Fuzzy, Tsukamoto, Kecerdasan Buatan, Unity3D, Extremme Programming
ABSTRACT
Turn-based Role Playing Game (RPG) is a video game genre where there is a battle fought by two parties, one controlled by the player and the opposing party by an artificial intelligence. In many RPGs in the market, the artificial intelligence system that controlls the enemy parties are unable to make the best decissions in order to win the battle. In this research, we created a section of an RPG which based on the genre conventions which are commonly found on similar video games. An artificial intelligence system who controlls the enemy parties is also created. This artificial intelligence system is designed to make the most logical decissions in the game’s battle system. Within the artificial intelligence system, fuzzy logic is utilized as a method to calculate the weight of every possible actions. In order to achieve desired output, which is a crisp floating-point number to represent the weight of a potential action, Tsukamoto inferencing method and centroid defuzzification method is used. The game was developed on Unity3D game engine which uses C# programming language. The development processes were done according to extremme programming development method. Once the development was done, the artificial intelligence system was tested of its ability to make the most logical decissions in the game’s battle system. The end result of this research was a fuzzy-based artificial intelligence system that can work well in a game which design is based on the typical RPG games.
Keywords : Game, RPG, Fuzzy, Tsukamoto, Artificial Intelligence, Unity3D, Extremme Programming.
665F18IV | 665 F 18 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain