Text
Aplikasi Adopsi Kucing (SIKUCING) Menggunakan Metode Pengembangan Object-Oriented Software Engineering
ABSTRAK
Kucing terlantar merupakan salah satu jenis kucing domestik yang paling sering ditemukan
di sekitar manusia. Kucing terlantar merupakan masalah yang sering diabaikan oleh
lingkungan, dengan tidak adanya kontrol populasi di Indonesia, jumlah kucing terlantar yang
semakin bertambah dan tidak terkontrol menyebabkan kucing terlantar dianggap sebagai
hama. Beberapa komunitas dan individu pencinta kucing membantu mengatasi keadaan
dengan melakukan adopsi sementara, dikarenakan keterbatasan biaya dan tempat. Pencarian
calon pengadopsi yang dilakukan oleh individu atau komunitas pencinta kucing dirasa sulit,
dikarenakan kebanyakan dari kucing yang dirawat merupakan kucing domestik yang
dipandang kurang menarik. Berdasarkan permasalahan komunitas atau individu yang
mencari calon pengadopsi kucing, penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Adopsi
Kucing untuk membantu melepas adopsikan kucing yang dirawat sementara oleh komunitas
atau individu tersebut. Untuk memudahkan melepas adopsi kucing terlantar yang dirawat
sementara oleh komunitas atau individu pencinta kucing digunakan sebuah aplikasi yang
berjalan pada sistem operasi Android. Pemilihan pembangunan aplikasi pada platform
Android dikarenakan, Android merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan
pada smartphone saat ini, sehingga diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk
memanfaatkan Aplikasi Adopsi Kucing. Aplikasi Adopsi Kucing dibangun dengan
menggunakan metode Object-Oriented Software Engineering, yang merupakan metode
pengembangan untuk membangun dan memvalidasi model domain aplikasi atau sistem
berorientasi objek. Metode Object-Oriented Software Engineering dirasa tepat untuk
pembangunan Aplikasi Adopsi Kucing dikarenakan pembangunan aplikasi menggunakan
bahasa pemrograman Java dan sifat modular pada pemrograman berorientasi objek yang
memudahkan perawatan dan adaptasi pada perubahan di masa yang akan datang. Proses
bisnis yang diimplementasikan pada Aplikasi Adopsi Kucing merupakan adaptasi dari
proses bisnis adopsi kucing yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap perwakilan
komunitas dari Indonesia Peduli Kucing Terlantar dan UNDIP Cat Lovers. Pada Aplikasi
Adopsi Kucing tersedia fitur surat perjanjian yang dapat diunduh melalui Aplikasi Adopsi
Kucing. Hasil implementasi dari penelitian ini adalah terbentuknya Aplikasi Adopsi Kucing
yang dapat mengunggah data kucing, menampilkan data kucing, memperbarui data kucing,
menghapus data kucing dan mengunduh surat perjanjian adopsi kucing. Aplikasi Adopsi
Kucing memanfaatkan Firebase Realtime Database sebagai media penyimpanan data.
Pemilihan Firebase Realtime Database untuk memudahkan proses pertukaran data secara
online dan kemudahan untuk beradaptasi terhadap kebutuhan di masa yang akan datang.
Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan pengujian fungsional
menggunakan metode black-box yang menguji setiap use case pada perangkat yang telah
terpasang Aplikasi Adopsi Kucing, hasil pengujian terhadap use case pada Aplikasi Adopsi
Kucing dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Kucing Terlantar, Android, Object-Oriented Software Engineering, Firebase
Realtime Database
ABSTRACT
Stray cats are one of the most common types of domestic cats found around humans. Stray
cats are a problem that is often overlooked by the environment, with the absence of
population control in Indonesia, the number of stray cats that are increasing and uncontrolled
causing stray cats to be considered pests. Some communities and individual cat lovers help
to overcome the situation by adopting a temporary adoption, due to limited costs and places.
The search for prospective adopters conducted by individuals or communities of cat lovers
is difficult, because most of the cats treated are domestic cats that are considered less
attractive. Based on community problems or individuals who are looking for potential cat
adopters, this study aims to create a Cat Adoption Application to help release cat adoption
temporarily treated by the community or individual. To facilitate the release of the adoption
of abandoned cats that are temporarily cared for by the community or individual cat lovers
are used an application that runs on the Android operating system. The selection of
application development on the Android platform is because, Android is the most popular
operating system used on smartphones today, so it is expected to make it easier for the public
to utilize the Cat Adoption Application. The Cat Adoption Application is built using the
Object-Oriented Software Engineering method, which is a development method for building
and validating application domain models or object-oriented systems. The Object-Oriented
Software Engineering method is considered appropriate for the construction of the Cat
Adoption Application because application development uses the Java language and modular
nature of object-oriented programming that facilitates maintenance and adaptation to
changes in the future. The business process implemented in the Cat Adoption Application is
an adaptation of the cat adoption business process obtained from interviews with community
representatives from Indonesia Peduli Kucing Terantar and UNDIP Cat Lovers. The Cat
Adoption Application features a letter of agreement that can be downloaded through the Cat
Adoption Application. The results of the implementation of this study are the formation of a
Cat Adoption Application that can upload cat data, display cat data, update cat data, delete
cat data and download cat adoption agreements. The Cat Adoption Application utilizes
Firebase Realtime Database as a data storage medium. The choice of Firebase Realtime
Database to facilitate the process of exchanging data online and the ease of adapting to future
needs. The test conducted in this study is a functional test using the black-box method that
tests each use case on devices that have been installed with the Cat Adoption Application,
the results of testing on the use case in the Cat Adoption Application are declared acceptable.
Keywords : Stray Cats, Android, Object-Oriented Software Engineering, Firebase Realtime
Database
654F18IV | 654 F 18 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain