Text
SistemEfisiensi Unit Kerjapada Maskapai Penerbangan Menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) dengan Pemodelan BCC Input-Oriented
ABSTRAK
Sistem Efisiensi Unit Kerja pada Maskapai Penerbangan merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengukur efisiensi pada maskapai. Maskapai membutuhkan sebuah sistem yang dapat menilai apakah maskapai sudah memiliki nilai yang efisien dibandingkan dengan maskapai yang lain. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengukur efisiensi suatu maskapai dengan cara yang objektif. Maka dari itu sistem ini dibuat untuk memberikan rekomendasi maupun pengetahuan apakah teknik promosi atau unit kerja atau penggunaan sumber daya yang mereka gunakan sudah dalam tahap maksimum atau hanya sebuah pemborosan belaka sehingga dibuatlah sebuah sistem yang dapat memberikan rekomendasi. Sistem ini juga dapat digunakan untuk menentukan apabila maskapai tersebut sudah bekerja dalam kapasitas yang telah efisien atau belum. Sistem ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan BCC Input-Oriented dalam perhitungan efisiensinya dan CCR Input-Oriented dalam pemberian rekomendasi. Sistem ini dikembangkan dengan model proses Waterfall. Decision Making Unit (DMU) yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 4 unit. Perhitungan efisiensi pada tiap unit akan memunculkan angka antara 0 hingga 1. Jika efisiensi bernilai 1 maka DMU tersebut sudah efisien akan tetapi jika belum bernilai 1 maka DMU tersebut belum efisien dalam unit kerjanya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 variabel dengan 3 variabel berupa input dan 2 variabel berupa output, variabel Late Performance, Harga rata-rata tiket dan Available seat kilometers sebagai variabel input sedangkan untuk variabel output adalah Revenue Passenger Kilometers dan Embarkation Passengers. Sistem akan melakukan perhitungan dari nilai variabel yang sudah didapat kemudian setelah hasil efisiensi ditemukan maka sistem akan memberikan rekomendasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 4 DMU, ditemukan bahwa terdapat 3 DMU yang telah bernilai efisien dengan nilai efisiensi 1 sedangkan terdapat 1 DMU belum efisien dan mempunyai nilai Efisiensi sebesar 0.94.
Kata kunci : Maskapai Penerbangan, Data Envelopment Analysis (DEA), Decision Making-Unit, CCR Input-Oriented, BCC Input-Oriented, Benchmarking.
ABSTRACT
System Efficient Work Unit in Airline is a system that been used to measure the efficiency of the airline. Airline needs a system that can assess whether airline already have an efficient value compare to the others airline. So, it is needed a system that can measure efficient of an airline in an objective way. Therefore, this system has been made to give a recommendation and also a knowledge whether the promotion technic, work unit or the uses of the resource that they use already in an optimum phase or it just a sheer waste so that is why this system has been made. This system also has a purpose to determine whether the airline already worked in their optimum performance or have not. System been build by Data Envelopment Analysis Method with a model of BCC Input-Oriented as its efficiency calculation and CCR Input-oriented as its recommendation calculation. System is using waterfall process model. Decision Making Unit (DMU) that been use in this research are 4 DMU. Efficiency calculation of each airline will have a result between 0 and 1. Therefore if the efficiency result is 1 then the airline already efficient in the other hand if it’s less than 1 then the airline is less efficient. Variable that uses in this research are 5 variables with 3 input and 2 output, variable late performance, average ticket prices, available seat kolometres are input variable and variable revenue passenger kilometres and embarkataion passangers are the output. System can do a calculation based on the 5 variables for later it will give a result of recommendation. Based on the research of 4 DMU, it is found that 4 DMUs are all all are efficient with the efficiency score 1 while later to be found that there is only 1 DMU that have not efficiennt with the efficiency score 0.94.
Keywords : Airline, Data Envelopment Analysis (DEA), Decision Making Unit (DMU), BCC Input-Oriented, Benchmarking.
544F17IV | 544 F 17-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain