Text
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Dengan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus pada Karyawan Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang)
ABSTRAK
Perubahan era globalisasi saat ini seringkali ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan perusahaan mengalami kegagalan. Kegagalan ini terjadi karena ketidakmampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi maupun kurang baiknya hasil kerja dari sumber daya manusia yang ada pada perusahaan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kebutuhannya. Oleh karena itu berhasil tidaknya suatu organisasi ditentukan oleh faktor manusianya dalam mencapai tujuannya. Karyawan dituntut untuk dapat memperlihatkan kinerja yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang diungkapkan secara komprehensif dengan persamaan struktural berbasis komponen, Partial Least Square (PLS). PLS merupakan metode analisis yang tidak didasarkan pada banyak asumsi. Pada PLS tidak diperlukan asumsi normal multivariat, dapat menggunakan skala pengukuran nominal, ordinal, interval, dan rasio serta ukuran sampel tidak harus besar. PLS mengestimasi model hubungan antar variabel laten dan variabel laten dengan indikatornya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan kerja dipengaruhi oleh budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasi sebesar 72,1%. Sedangkan kinerja karyawan dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja sebesar 78,3%.
Kata kunci : Partial Least Square, Kinerja Karyawan
ABSTRACT
Changes in the current era of globalization are often found some problems that cause companies to fail. This failure occurs because of the inability to adapt to technological advances and the lack of good work of human resources existing in the company. This shows that human resources are the key point to be considered with all its needs. Therefore the success or failure of an organization is determined by its human factor in achieving its objectives Employees are required to demonstrate good performance. The factors that affect employee performance in Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang is described comprehensively with structural equation based components, Partial Least Square (PLS). PLS is the analytical method that is not based on many assumptions. PLS is not needed on normal multivariate assumptions, it can be used measurement scale nominal, ordinal, interval, and ratio as well as the sample size should not be large. PLS models estimate the relationship inter latent variables and between latent variable with its indicator. Based on the analysis results obtained conclusion that job satisfaction is influenced by organizational culture, leadership style, and organizational commitment of 72.1%. While employee performance is influenced by leadership style, organizational commitment, and job satisfaction of 78.3%.
Keywords : Partial Least Square, Employee Performance
606E17IV | 606 E 17-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain