Text
Analisis Sistem Antrean Pada Pelayanan Gardu Tol Otomatis Dan Gardu Tol Reguler Di Gerbang Tol Manyaran
ABSTRAK
Antrean adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua pelayanan akan membentuk antrean. Sebagian orang tidak ingin mengantre karena mengantre sangat menyita waktu dan melelahkan. Salah satu fasilitas umum yang menggambarkan situasi antrean adalah Gerbang Tol Manyaran. Adanya gardu tol otomatis sampai saat ini belum mengurai kemacetan yang terjadi di pintu masuk Gerbang Tol Manyaran. Adanya gardu tol otomatis masyarakat sangat diuntungkan karena sistem transaksi lebih cepat menggunakan e-toll daripada membayar secara tunai melalui gardu tol reguler. Untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan antrean, perlu ditentukan model sistem antrean yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik antrean dari fasilitas pelayanan di Gerbang tol Manyaran sehingga dapat diketahui ukuran kinerja sistem untuk menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis data dengan Arena, terdapat 4 model antrean di Gerbang Tol Manyaran. Untuk jalur keluar Tol Manyaran, model pada gardu reguler adalah (Norm/Norm/2):(GD/∞/∞) dan model pada gardu otomatis adalah (Erla/Erla/2):( GD/∞/∞). Sedangkan untuk jalur masuk Tol Manyaran, model pada gardu reguler adalah (Norm/Norm/2):(GD/∞/∞) dan model pada gardu otomatis adalah (Weib/Weib/2):( GD/∞/∞). Hasil simulasi menunjukkan penambahan gardu dapat mengurangi waktu tunggu dalam antrean dan sistem pelayanan cukup efektif.
Kata Kunci: Teori Antrean, Gardu Tol Reguler, Gardu Tol Otomatis, Simulasi
ABSTRACT
Queue is something that can not be separated in everyday life. Almost all services will form a queue. Some people do not want to queue because queue is wasting time and boring. One of the public facilities has a queue is the Manyaran Toll Gate. The existence of automatic toll gate until now has not parsed the congestion that occurred at the entrance of Manyaran Toll Gate. The existence of the automatic toll gate is more beneficial because the transaction system is faster using e-toll rather than pay in cash through regular toll gate. To solve the problems associated with the queue, queuing system model need to be determined in accordance with the condition and characteristics queue of service facility at the Manyaran Toll Gate. Based on the data analysis with Arena, there are 4 queuing models at Manyaran Toll Gate. For the exit of Manyaran Toll, the model of regular toll gate is (Norm/Norm/2):(GD/∞/∞) and the model of automatic toll gate is (Erla/Erla/2):( GD/∞/∞). Then, for the entrance of Manyaran Toll, the model of regular toll gate is (Norm/Norm/2):(GD/∞/∞) and the model of automatic toll gate is (Weib/Weib/2):( GD/∞/∞). Simulation results show that adding the gate can reduce waiting time in queue and service system more effectively.
Key Words: Queuing Theory, Regular Toll Gate, Automatic Toll Gate, Simulation
594E17IV | 594 E 17-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain