Text
Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online Menggunakan Partial Least Square (PLS) (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Semarang)
ABSTRAK
Melalui e-commerce, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) berusaha memberi kemudahan dan kenyamanan penumpang kereta api dalam membeli tiket tanpa perlu mendatangi stasiun kereta api secara langsung. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam pemesanan tiket kereta api secara online. Pemodelan yang tepat untuk permasalahan ini mengunakan pemodelan persamaan struktural, dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Variabel-variabel yang digunakan adalah kinerja, akses, keamanan, sensasi, dan informasi. Pendekatan PLS dipilih karena tidak didasarkan terhadap beberapa asumsi salah satunya adalah asumsi normal multivariat. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa varibel laten kinerja, akses, keamanan, sensasi, dan informasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel laten kepuasan dengan nilai R2 = 70,28% dan variabel laten kepuasan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel laten loyalitas dengan nilai R2 = 47,10%.
Kata kunci : Partial Least Square (PLS), tiket online
ABSTRACT
Through e-commerce, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) seeks to provide convenience and comfort of rail passengers to buy tickets without having to go to the train station directly. To provide the best service, need to know what factors that influence customer satisfaction in ordering train tickets online. Appropriate modeling for this problem uses structural equation modeling, with Partial Least Square (PLS) approach. The variables used are performance, access, security, sensation, and information. The PLS approach is chosen because it is not based on some assumptions of one of these is the normal multivariate assumption. Based on the results of the analysis showed that latent variables of performance, access, security, sensation, and information give significant influence to latent variable of satisfaction with value of R2 = 70,28% and latent variable of satisfaction give significant influence to latent variable of loyality with value of R2 = 47 , 10%.
Keywords : Partial Least Square (PLS), online tickets
584E17IV | 584 E 17-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain