Text
Penggunaan Weighted Product (WP) Dan Elimination Et Choix Trandusiant La Realité (ELECTRE) Dalam Menentukan Tempat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga Terfavorit Berbasis GUI Matlab (Studi Kasus : Ritel Modern di Kota Surakarta)
ABSTRAK
Surakarta merupakan salah satu kota yang perekonomiannya berkembang pesat. Salah
satunya ditandai dengan munculnya banyak tempat berbelanja untuk memenuhi
kebutuhan rumah tangga. Hal ini menjadikan banyaknya pilihan tempat belanja. Sesuai
dengan kondisi tersebut, diperlukan suatu metode untuk menilai tempat berbelanja
terfavorit menurut pelanggan agar dapat menciptakan tempat belanja yang sesuai
dengan harapan pelanggan. Metode yang diterapkan untuk memilih tempat belanja
terfavorit adalah WP dan ELECTRE. Kedua metode ini dapat melakukan pengambilan
keputusan untuk menetapkan alternative terfavorit berdasarkan kriteria tertentu dalam
penyelesaian masalah Multi Attribute Decision Making (MADM). Terdapat 8 alternatif
dan 13 kriteria. Alternatif yang digunakan yaitu Indomaret Point, Alfamidi, Superindo,
Lotte Mart, Hypermart, Carrefour, Luwes Group dan Goro Assalam. Sedangkan
kriterianya adalah harga, pelayanan, stok barang, penataan barang, kebersihan, lokasi,
kemudahan transaksi, fasilitas, penampilan pegawai, kenyamanan, keramahan
pegawai, keamanan, dan kesopanan pegawai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa jenis tempat belanja kebutuhan rumah tangga terfavorit menurut metode WP
dan ELECTRE yaitu Carrefour. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah aplikasi
pemrograman GUI Matlab yang dapat membantu pengguna dalam melakukan
pengolahan data.
Kata Kunci: MADM, WP, ELECTRE, Tempat belanja, GUI Matlab
ABSTRACT
Surakarta is one of the fastest growing cities. One of them is marked by many shopping
places to fulfill household needs. This causes competition between shopping places.
Based on these conditions, a method is needed to assess the customer's favorite
shopping place to create a shopping place that matches the customer's expectations.
Methods that can be applied to choose the most favorite shopping place are WP and
ELECTRE. These two methods can make a decision to get a favorite alternative based
on certain criteria in solving Multi Attribute Decision Making (MADM) problems.
There are eight alternatives and thirteen criterias. The alternatives are Indomaret Point,
Alfamidi, Superindo, Lotte Mart, Hypermart, Carrefour, Luwes Group and Goro
Assalam. While the criterias are price of goods, service, stock of goods, arrangement
of goods, hygiene, location, ease of transaction, facility, employee appearance, place
comfort, employee friendliness, security, and courtesy of employee. The result of this
study shows that the favorite type of shopping place for household needs according to
WP and ELECTRE method is Carrefour. This study also produces a GUI Matlab
programming application that can help users in performing data processing.
Keyword : MADM, WP, ELECTRE, Shopping place, GUI Matlab
572E17III | 519.536 SYA p | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain