Text
Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (PLS) (Studi Kasus: Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah)
ABSTRAK
Pelayanan publik di Indonesia berkembang menjadi isu kebijakan yang strategis. Penyelenggaraan pelayanan publik dalam bidang perpustakaan ditujukan untuk memberikan layanan perpustakaan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara kualitas pelayanan, kualitas koleksi, kinerja karyawan, kebutuhan pengguna (masyarakat) terhadap kepuasaan masyarakat dan implikasinya terhadap loyalitas masyarakat atau minat pemanfaatan ulang jasa perpustakaan. Penggunaan SEM yang berbasis covariance dengan asumsi parametrik yaitu variabel penelitian harus memenuhi asumsi normal multivariate distribution. Namun, variabel penelitian tidak memenuhi asumsi normalitas maka digunakan Partial Least Square (PLS). Penelitian dilakukan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Metode pengujian instrumen yang digunakan adalah SPSS Software 22.00 dan pengujian hipotesis menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) oleh perangkat lunak SmartPLS 3.00. Karakteristik responden didominasi perempuan (65,5%), usia 21-25 tahun (53,5%), dan pekerjaan sebagai mahasiswa (69,5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, kualitas koleksi, dan kebutuhan masyarakat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan, sedangkan variabel kinerja karyawan memberikan pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Variabel kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas masyarakat.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Perpustakaan, Partial Least Square (PLS)
ABSTRACT
Public service in Indonesia has grown into a strategic policy issue. The implementation of public services in the field of library is intended to provide library services to the public quickly, precisely and accurately. This research aims to analyze the effect between service quality, collection quality, employee performance, user needs (community) on community satisfaction and its implications for community loyalty or interest in library utilization. The use of SEM based covariance with parametric assumption that research variable must fulfill normal multivariate distribution assumption. However, the research variables do not meet the assumptions of normality then used Partial Least Square (PLS). The research was conducted at the Regional Library of Central Java Province. The method of testing instrument used SPSS Software 22.00 and hypothesis testing using Structural Equation Modeling (SEM) by SmartPLS 3.00 software. Characteristics of respondents are women (65,5%), age 21-25 years (53,5%), and job as student (69,5%). The results showed that the variable quality of service, collection quality, and community give a positive and significant effect, while employee performance variable gives positive effect but not significant to the satisfaction of society. The variable of satisfaction has a positive and significant effect on community loyalty.
Keywords: Public Service, Library, Partial Least Square (PLS)
570E17III | 519.536 EMY a | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain