Text
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Transportasi Pribadi pada Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Partial Least Square. (Studi Kasus pada Universitas Diponegoro Kota Semarang)
ABSTRAK
Proses pembangunan struktural pada negara berkembang adalah sebuah
keharusan. Setiap sektor yang dikembangkan sangatlah berkaitan antara satu dengan
lainnya. Sektor-sektor tersebut dihubungkan dengan faktor penunjang atau
pendukung yang bernama transportasi, yang berarti transportasi memiliki fungsi yang
vital dan strategis dalam pembangunan sektor lainnya. Pendidikan menjadi salah satu
sektor pembangunan yang berkembang dengan pesat terutama pada kota-kota besar,
dan transportasi merupakan salah satu faktor penunjang dari pendidikan: karena
sekolah dan universitas adalah salah satu generator penting dari jaringan transportasi
domestik. Setiap universitas menampung hingga puluhan ribu mahasiswa baru setiap
tahunnya. Dalam titik ini, aktivitas transportasi pada kota besar menjadi semakin
kompleks, karena bertambahnya pengguna transportasi pribadi tidak diimbangi
dengan peningkatan ruas jalan sehingga terjadi kemacetan. Faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan penggunaan transportasi pribadi pada mahasiswa dianalisis
secara komprehensif menggunakan persamaan struktural berbasis varians, Partial
Least Square (PLS). PLS merupakan metode analisis yang powerful, meskipun tidak
didasari dengan banyak asumsi (soft model), contohnya asumsi normal multivariat,
dapat menggunakan skala nominal hingga rasio, serta ukuran sampel yang tidak harus
besar. PLS mengestimasi model hubungan antar variabel laten dan juga variabel laten
dengan indikatornya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa
keputusan penggunaan transportasi pribadi pada mahasiswa Universitas Diponegoro
dipengaruhi oleh kombinasi dari variabel laten manajemen waktu, biaya, fisik,
interaksi sosial, dan variabel intervening persepsi sebesar 68,28%.
Kata Kunci: transportasi, penggunaan transportasi pribadi, Partial Least Square
(PLS)
ABSTRACT
The process of structural development in developing countries is a must. Each
sector that developed is related to one another. These sectors associated with the
supporting factor named transport, means transport has a vital and strategic functions
in the development of other sectors. Education is one of the construction sector that
growing rapidly, especially in big cities, and transportation is one of the factors
supporting it: since schools and universities is one of the important generator of
domestic transportation network. Each university holds up to tens of thousands of
new college students every year. In this point, the transport activity in big cities is
becoming increasingly complex, due to the increase in the private transportation is
not matched by the increase in roads, causing congestion. Factors that influence the
decision of the use of private transport on the student comprehensively analyzed
using structural equation based on the variance, Partial Least Square (PLS). PLS is a
powerful analytical method, though it’s not based on many assumptions (soft model),
for example, the multivariate normal assumptions, it can use nominal scale up to
ratios, as well as the sample size shouldn’t be large. PLS estimates the model od
relationship between latent variables and also latent variables with the indicator.
Based on the analysis we concluded that the decision on the use in private
transportations of Diponegoro University students affected by a combination of latent
variables such time management, cost, physical, social interaction, and the
intervening variable perception of 68.28%.
Key words: transportation, using of private transportations, Partial Least Square
(PLS)
544E17II | 519.535 MAR a | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain