Text
Implementasi Watermarking Citra Digital Menggunakan Metode Disrete Wavelet Transformation dan Sistem Chaos Pada Pengacakan Least Significant BIT
ABSTRAK
Bitmap adalah sebuah citra digital yang mudah dan cepat dalam pembuatannya karena
berupa sekumpulan titik atau pixel yang memiliki warna tertentu sehingga ringan untuk
dikirimkan melalui media mobile atau internet. Masalah yang terjadi adalah citra bitmap
sering dikirimkan tanpa keamanan khusus sehingga rentan akan gangguan atau
penyadapan. Dibutuhkan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Pada Tugas
Akhir ini dibahas tentang pembuatan aplikasi desktop yang dapat melakukan penyisipan
dengan watermarking bitmap pada media penampung citra host bitmap karena ukurannya
yang besar dan jarang digunakan. Metode watermarking yang digunakan adalah Discrete
Wavelet Transformation (DWT) untuk mentransformasi citra host dari domain spatial ke
dalam domain frequency pada ruang warna RGB ditambah dengan metode Logistic Map
sebagai indeks pengacakan pada saat penyisipan. Metode penyisipan yang digunakan
adalah metode Least Significant Bit (LSB). Proses watermarking menunjukkan nilai Peak
Signal to Noise Ratio (PSNR) berkisar antara 38 decibel (dB) sampai dengan 40 decibel
(dB). Sementara proses ekstraksi menghasilkan citra watermark yang kemudian akan
dibandingkan dengan citra watermark awal. Perbandingan nilai Normalized
Crosscorellation (NC) berkisar antara 0,8 sampai 1,00. Penyisipan dapat mengalami
kegagalan apabila ukuran citra watermark yang disisipkan tidak ¼ dari citra host.
Kata kunci: Bitmap, Watermarking, Discrete Wavelet Transformation, RGB, Logistic
Map, Least Significant Bit, PSNR, NC.
ABSTRACT
Bitmap is a digital image which can be made easily and quickly because it is a collection
of dots or pixels that have a particular color so that it is easy to be sent through mobile or
internet. The problem that occurs is that a bitmap image often sent without a specific
security so it is vulnerable for any interferences or interceptions. A method is needed to
resolve this issue. This final project aims to develop a desktop application to be able to
perform an embedding by bitmap watermarking on a bitmap host image media because of
its large size and because it is rarely used. A method that is used to do the watermarking is
the Discrete Wavelet Transformation (DWT) to transform the host image from the spatialdomain into a frequency-domain in the RGB color space, added with the Logistic Map
method as an indeks of randomization at the time of embedding. The insertion method
which was used is the Least Significant Bit (LSB). The results of the watermarking process
showed that the Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) ranged from 38 decibels (dB) up to 40
decibels (dB). The extraction process produces an image watermarked which will be
compared with the initial watermarked image. Normalized Crosscorellation (NC) ratio
ranged from 0.8 to 1.00. The embedding may fail if the size of the embedded watermarked
image is not ¼ of the host image.
Keywords: Bitmap, Watermarking, Discrete Wavelet Transform, RGB, Logistic Map,
Least Significant Bit, PSNR, NC.
417F16IV | 006.4 SIM i | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain