Text
APLIKASI SISTEM UNTUK EVALUASI KUALITAS LAYANAN BAGIAN KEMAHASISWAAN DENGAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro)
ABSTRAK
Penilaian kualitas pelayanan merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan
bahwa pelayanan yang diberikan suatu instansi memenuhi harapan penggunanya. Penilaian
kualitas pelayanan juga merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh universitas,
termasuk Universitas Diponegoro dalam menjaga kualitas pelayanannya. Setiap semester,
Universitas Diponegoro mengadakan suatu kegiatan evaluasi untuk layanan administrasi
akademik dan evaluasi dosen berdasarkan penilaian dari mahasiswa. Namun demikian
evaluasi ini dilakukan di tingkat universitas dan belum dilakukan proses penilaian kualitas
yang lebih spesifik di layanan bidang tertentu di tingkat fakultas, termasuk di Fakultas Sains
dan Matematika. Oleh sebab itu dilakukan evaluasi kualitas layanan untuk menentukan
karakteristik layanan apa yang perlu ditonjolkan dan dianggap penting oleh mahasiswa
terhadap bagian kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika. Pada penelitian ini
digunakan jaringan saraf tiruan backpropagation inisialisasi Nguyen Widrow yang
dikombinasikan dengan metode kepentingan relatif connection weight untuk menetukan
kepentingan karakteristik pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur
jaringan backpropagation terbaik untuk mengenali data kuesioner diperoleh pada kombinasi
parameter hidden neuron 4, laju pembelajaran 0.1, maksimum epoch 1000 dan target error
0.01 yang menghasilkan mean square error sebesar 0.017611. Karakteristik pelayanan yang
mempunyai pengaruh besar dalam evaluasi kualitas layanan bagian kemahasiswaan di
Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro yaitu tata letak ruang pelayanan,
penampilan dan kerapihan karyawan, keinginan karyawan dalam membantu dan
memberikan pelayanan dengan tanggap, perhatian terhadap keluhan mahasiswa, keamanan
pelayanan administrasi kemahasiswaan, ketersediaan kursi tunggu di ruang pelayanan,
kemudahan prosedur pelayanan, karyawan memberikan informasi yang jelas kepada
mahasiswa dan kemampuan dalam memberi pelayanan dengan cepat dan tepat.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika,
Universitas Diponegoro, Backpropagation¸Nguyen Widrow, Connection
Weight
ABSTRACT
Evaluaton of service quality is one of the most important step to ensure that the services
provided by an instituions meets costumers expectations.Evaluation of service quality is also
one of the most activities carried out by universities, including the Diponegoro University
in maintaining quality services. Each semester, Diponegoro University organize an
evaluation for academic administration and teacher’s evaluation services based on an
assessment of the student faculty. However, this evaluation has been working at the
university level and quality of the assessment process has not been carried out more specific
in a certain field services at the faculty level, including at the Faculty of Science and
Mathematics. Therefore, it is necessary for an evaluation and quality assessment to
determine the characteristics of what services need to be highlighted and considered as
important by the students toward student division of Sains and Mathematics Faculty. In this
research, the author will use artificial neural network backpropagation Nguyen Widrow
initialization combined with the connection weight method to determine the importance of
service characteristics. The results showed that the best backpropagation network
architecture to recognize the questionnaire data obtained in combination parameter 4 hidden
neurons, learning rate of 0.1, maksimum epoch of 1000 and the target of 0.01 which resulted
mean square error of 0.017611. Service characteristics that have a major influence in the
evaluation of service quality of student affairs at the Faculty of Science and Mathematics,
Diponegoro University were the layout of the service room, appearance and neatness of the
employee, the employee's desire to help and provide service with responsiveness, attention
toward student’s complaints, the security service of the administration of student affairs,
availability of seats in the service room, ease of service procedures, clear information
provided by employee to students and the ability to provide services quickly and accurately.
Keywords : Quality Services, student division of Sains and Mathematics Faculty
University of Diponegoro, Backpropagation, Nguyen Widrow,
Connection Weight
423F16IV | 006.32 WAH a | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain