Text
Perancangan dan Implementasi E-Commerce Dengan Segmentasi Harga Menggunakan Metode Pengembangan Spiral (Studi Kasus : CV. Citra Mandiri Bandarlampung)
ABSTRAK
Berbelanja online merupakan sebuah trend yang terjadi saat ini. Aktivitas jual beli secara
online ini dinamakan e-Commerce. Pembuatan e-commerce untuk CV. Citra Mandiri
digunakan sebagai sarana untuk mewadahi proses perdagangan dalam perusahaan. Website ecommerce untuk CV. Citra Mandiri ini memiliki sistem segmentasi harga. Semakin banyak
pelanggan membeli barang, maka akan semakin besar pula potongan harga yang diberikan
oleh perusahaan. Hal ini ditujukan untuk memelihara loyalitas konsumen agar tetap membeli
dari CV. Citra Mandiri. E-Commerce dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman
PHP, sistem manajemen basis data MySQL, dan metode pengembangan spiral. Metode
pengembangan spiral yang digunakan dalam pengembangan e-commerce ini sangat
membantu pengembang dalam mendengar feedback dari klien baik berupa saran, kritik,
ataupun masukan untuk e-commerce sehingga aplikasi yang dihasilkan dapat memenuhi
seluruh kebutuhan klien. Aplikasi ini juga dapat membantu CV. Citra Mandiri untuk
mempermudah pengelolaan produk dalam hal inventarisasi barang, serta memfasilitasi
transaksi pembelian produk dari jarak jauh tanpa harus bertatap muka.
Kata Kunci: E-Commerce, Segmentasi Harga, Metode Pengembangan Spiral
ABSTRACT
Shopping online is a trend that is happening today. Activities buying and selling online is
called e-Commerce. Making e-commerce for the CV. Citra Mandiri is used as a means to
facilitate the trading process within the company. E-commerce website for CV. Citra Mandiri
has a system of price segmentation. The more customers buy goods, the greater the discounts
offered by the company. It is intended to maintain the loyalty of consumers to keep buying
from CV. Citra Mandiri. E-Commerce is built using the PHP programming language,
database management system MySQL, and spiral development methods. Spiral development
methods used in the development of e-commerce really assist the developers in hearing
feedback from clients both in the form of suggestions, criticisms, or input for e-commerce so
that the resulting application can meet all the needs of clients. This application can also help
CV. Citra Mandiri to simplify the management of the product in terms of inventory items, and
facilitate the purchase of products from a distance without having to meet.
Keywords: E-Commerce, Price Segmentation, Spiral Development Method
414F16IV | 658.403 ANA p | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain