Text
Metode Pemrograman Linier Deng-Feng Li untuk Menyelesaikan Masalah Teori Permainan Dengan Matriks Pembayaran Bilangan Triangular Fuzzy 511.31 TRI m
ABSTRAK
Teori permainan adalah cabang dari ilmu matematika yang digunakan untuk membuat keputusan pada situasi persaingan dengan tujuan memperoleh keuntungan yang seoptimal mungkin. Teori permainan untuk matriks pembayaran (matrix payoffs) dengan parameter bilangan fuzzy segitiga disebut matriks pembayaran (matrix payoffs) dengan bilangan fuzzy. Menyelesaikan masalah teori permainan dengan bilangan fuzzy segitiga harus dikonversikan terlebih dahulu dalam bentuk matriks pembayaran (matrix payoffs) dengan bilangan fuzzy segitiga. Dalam tugas akhir ini akan dijelaskan bahwa model permainan berjumlah nol dengan dua pemain menggunakan strategi campuran metode pemrograman linier dan model Deng-Feng Li. Selain itu, dijelaskan mengenai pengaplikasian model permainan dengan dua pemain berjumlah nol dalam menyelesaikan masalah pemasaran.
Kata kunci: Teori Permainan, Permainan Berjumlah Nol, Bilangan Fuzzy, Metode Pemrograman Linier, Model Deng-Feng Li
ABSTRACT
Game theory is a branch of mathematics that used to make some decisions in the competitive situations with goal to have an optimal profit. Game theory of matrix payoffs with parameters triangular fuzzy number called matrix games with payoffs of triangular fuzzy numbers. Resolving game theory problem with triangular fuzzy numbers must be converted before hand in the from of matrix game with payoffs of triangular fuzzy numbers. In this paper, we explain that this two person zero sum game mixed strategy linier programming method and Deng-Feng Li’s model in that matrix game. We also explain about how to applicating two person zero sum model to solve the marketing problem.
Keywords: Game Theory, Zero Sum Game, Fuzzy Number, Linier Programming Method, Deng-Feng Li’s model
1938A17I | 1938 A 17 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain