Text
Analisis Sistem Antrian Pesawat Terbang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang
ABSTRAK
Antrian panjang sangat tidak diharapkan oleh semua orang, sebab mengantri
dalam baris antrian panjang cukup menyita waktu dan melelahkan. Akan tetapi,
situasi mengantri dalam baris antrian panjang yang sering dijumpai di berbagai
fasilitas umum tidak dapat dihindari. Salah satu fasilitas umum yang
menggambarkan situasi antrian yaitu Bandara Internasional Ahmad Yani
Semarang. Antrian pesawat yang akan lepas landas dan mendarat mengakibatkan
bertambah banyaknya antrian penumpang yang menunggu pemberangkatan
pesawat. Model sistem antrian yang sesuai dengan kondisi fasilitas pelayanan
pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dapat digunakan untuk
memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh,
model sistem antrian pesawat terbang yang terjadi di Bandara Internasional
Ahmad Yani Semarang adalah (M/M/6):(GD/∞/∞), dengan enam apron yang
bertindak sebagai server pada penerbangan komersil reguler. Selain itu,
berdasarkan ukuran kinerja sistem yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
sistem pelayanan pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sudah
cukup baik. Ukuran kinerja sistem yang diperoleh antara lain jumlah pesawat
yang diperkirakan dalam sistem (Ls) sebesar 1,0716 pesawat per jam, jumlah
pesawat yang diperkirakan dalam antrian (Lq) sebesar 0,0002 pesawat per jam,
waktu menunggu yang diperkirakan dalam sistem (Ws) sebesar 0,4977 dari satu
jam, dan waktu menunggu yang diperkirakan dalam antrian (Wq) sebesar 0,0001
dari satu jam. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan empat
server yang beroperasi maupun dengan penambahan jumlah kedatangan pesawat
sebanyak dua pesawat setiap jamnya, sistem pelayanan pesawat cukup efektif.
Kata Kunci: Model sistem antrian, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang
ABSTRACT
Long queuing is not expected by anyone, because it’s taking much time and
tiresome. However, this situation is not avoidable in public area, for example
Ahmad Yani International Airport Semarang. Aircraft queuing that will take off
and landed resulted in increasing of the queuing of passengers to aboard. The
suitable queuing system model for Ahmad Yani Internasional Airport Semarang
to solve its air traffic is using (M/M/6):(GD/∞/∞), with six aprons as server of
reguler commercial flight. Moreover, based on the result of system performance
measure, service system in Ahmad Yani Internasional Airport Semarang report is
good enough. The result of system performance measure said that average number
of aircraft in the system (Ls) was 1,0716 aircraft per hour, average number of
aircraft in the queue (Lq) was 0,0002 aircraft per hour, average time aircraft
spends in the system (Ws) was 0,4977 from an hour, and average time aircraft
spends in the queue (Wq) was 0,0001 from an hour. The simulation showed that
by using four operating server or adding two more arrival additionals in every
hour, the service system is quite effective.
Keywords: Queuing System Model, Ahmad Yani International Airport Semarang
423E15IV | 519.55 RAT a | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain