Text
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus pada PT. Telkom Indonesia Divisi Regional Jawa Tengah - DIY dan Wilayah Telekomunikasi Semarang)
ABSTRAK
Persaingan dalam pasar global membawa banyak perubahan yang cukup dinamis
pada semua aspek di suatu perusahaan. Hal ini menimbulkan trend baru dimana
perusahaan yang berkelanjutan bergantung pada kemampuan perusahaan dalam
merespon perubahan-perubahan yang ada secara efektif. Adanya sejumlah
keunikan yang menjadi karakteristik sebuah perusahaan dan tidak dimiliki
perusahaan lain dapat menciptakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan suatu
kinerja perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan pada
PT. Telkom Indonesia diungkapkan secara komprehensif dengan persamaan
struktural berbasis komponen, Partial Least Square (PLS). PLS merupakan
metode analisis yang tidak didasarkan pada banyak asumsi. Pada PLS tidak
diperlukan asumsi normal multivariat, dapat menggunakan skala pengukuran
nominal, ordinal, interval dan rasio serta ukuran sampel tidak harus besar. PLS
mengestimasi model hubungan antar variabel laten dan variabel laten dengan
indikatornya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kinerja
perusahaan dipengaruhi oleh kinerja manajerial, keunggulan bersaing, Total
Quality Management, kompensasi, sistem pengukuran kinerja dan budaya
kualitas.
Kata kunci : Partial Least Square, kinerja perusahaan
ABSTRAK
Persaingan dalam pasar global membawa banyak perubahan yang cukup dinamis
pada semua aspek di suatu perusahaan. Hal ini menimbulkan trend baru dimana
perusahaan yang berkelanjutan bergantung pada kemampuan perusahaan dalam
merespon perubahan-perubahan yang ada secara efektif. Adanya sejumlah
keunikan yang menjadi karakteristik sebuah perusahaan dan tidak dimiliki
perusahaan lain dapat menciptakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan suatu
kinerja perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan pada
PT. Telkom Indonesia diungkapkan secara komprehensif dengan persamaan
struktural berbasis komponen, Partial Least Square (PLS). PLS merupakan
metode analisis yang tidak didasarkan pada banyak asumsi. Pada PLS tidak
diperlukan asumsi normal multivariat, dapat menggunakan skala pengukuran
nominal, ordinal, interval dan rasio serta ukuran sampel tidak harus besar. PLS
mengestimasi model hubungan antar variabel laten dan variabel laten dengan
indikatornya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kinerja
perusahaan dipengaruhi oleh kinerja manajerial, keunggulan bersaing, Total
Quality Management, kompensasi, sistem pengukuran kinerja dan budaya
kualitas.
Kata kunci : Partial Least Square, kinerja perusahaan
ABSTRACT
Global market competition brings many changes which quite dynamic in all
aspects of a company. It gives a rise to a new trend in which companies are
continuing to rely on the company's ability to respond to the changes that exist
effectively. The unique characteristics in a company, which are not owned by
other companies, can increase an organizational performance. The factors that
affect performance in PT. Telkom Indonesia is described comprehensively with
structural equation based components, Partial Least Square (PLS). PLS is the
analytical method that is not based on many assumptions. PLS is not needed on
normal multivariate assumptions, it can be used measurement scale nominal,
ordinal, interval and ratio as well as the sample size should not be large. PLS
models estimate the relationship inter latent variables and between latent variable
with its indicator. Based on the analysis, the company performance of PT. Telkom
Indonesia is influenced by managerial performance, competitive advantage, Total
Quality Management, compensation, performance measurement system, and
quality culture.
Keywords : Partial Least Square, Company Performance
413E15IV | 519.53 CAH a | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain