Text
Analisis Preferensi Konsumen Pengguna Jasa Maskapai Untuk Rute Semarang-Jakarta Dengan Metode Choice-Based Conjoint (Full Profile) (Studi Kasus di Bandara International Ahmad Yani Semarang)
ABSTRAK
Jasa pelayanan maskapai penerbangan saat ini menjadi salah satu pilihan
transportasi yang sangat diincar banyak konsumen untuk tujuan jarak jauh.
Pengguna jasa pelayanan maskapai penerbangan yang semakin meningkat,
membuat penyedia jasa semakin bersaing untuk menarik hati konsumen. Maka
analisis terhadap preferensi konsumen selalu menjadi titik awal dalam riset pasar
yang berfungsi sebagai acuan dalam membuat suatu inovasi baru. Penelitian ini
menggunakan analisis choice-based conjoint dengan metode presentasi full
profile. Conjoint Analysis merupakan metode dalam analisis multivariat yang
dapat digunakan sebagai ukuran untuk tingkat preferensi. Dalam instrumen
penelitian, konsumen diminta untuk memilih salah satu kombinasi dari tiga atribut
dari setiap choice set yang berjumlah 9 choice set. Nilai utility yang digunakan
diperoleh dengan model logit bersyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
untuk setiap atribut urutan preferensinya yaitu Harga-Airport tax-Kelas-Fasilitas.
Dilihat dari nilai kegunaannya, urutan parameter yang disukai konsumen yaitu
atribut Airport tax dan diketahui bahwa Include lebih disukai dari Exclude.
Atribut Harga,
ABSTRACT
Airline services nowadays become one of the highly coveted options by
many consumers for long-distance transportation. The increasing numbers of
users makes airlines tightly compete each other to attract consumers’ interest.
Thus, analysis to consumer preference has always been the starting point in
market research as reference in creating new innovation. This research uses the
choice-based conjoint analysis with the full profile as method of presentation.
Conjoint analysis is a multivariate analysis method that can be used as a
measurement for the level of preference. In the instrument, consumers were asked
to choose one among three attribute combination of each choice set within 9
choice sets. Utility values were obtained by conditional logic model. The results
show that for each attribute the order of preference is Price-Airport tax-ClassFacility. Judging from the value of its usefulness, the most preferred attribute by
consumer is Airport tax and that Include is preferably from Exclude. For Price
attribute, lower than 500 thousand rupiahs is the most preferred categories among
others. In Class attribute, Business is more preferable than other categories. And
for Facility attribute, entertainment is the most preferred one of other categories.
Keywords: preferences, airline, choice-based conjoint, conditional logit
411E15IV | 411 E 15 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain