Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUTUSAN KONSUMEN PADA NOTEBOOK MEREK ACER
ABSTRAK
Persepsi konsumen terhadap sebuah produk notebook beragam, hal ini bergantung
kepada kebutuhan konsumen tersebut yang akan memanfaatkan fasilitas yang ada
pada sebuah notebook. Secara umum konsumen membeli sebuah produk notebook
berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya harga, merek dan kualitas
produk. Apabila produk yang dibelinya melebihi harapannya, konsumen akan
merasa puas dan kemungkinan akan menyampaikan hal-hal yang baik tentang
produk yang dibelinya kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor–faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan
kepuasan konsumen pada notebook merek Acer. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan terhadap 110 orang
mahasiswa Universitas Diponegoro yang memiliki notebook Acer. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation
Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa citra merek tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian notebook Acer, sedangkan kualitas
produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian notebook Acer. Di
samping itu juga dapat disimpulkan kualitas produk dan keputusan pembelian
notebook Acer berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci : citra merek, harga, kualitas produk, keputusan pembelian,
kepuasan konsumen
ABSTRACT
Consumer perception about notebook product is a variated, this condition based
on consumer need is referred that will exploit existing facility at a notebook.
Generally, consumer buys a notebook product based on some considerations for
example price, brand and product quality. If the product that the of exceed its
expectation, consumer will satisfied and possibility will submit the good things
about the products to others people. This research aims to analyze the factors that
have an effect on purchasing decisions and consumer satisfaction on Acer
notebook. Data collecting in this research use questionnaire , that was distributed
to 110 students from Diponegoro University that have a Acer notebook.Technique
sample uses accidental sampling method. The data obtained are then analyzed
using Structural Equation Modeling (SEM). Based on research result is obtained
that brand image not has an effect on to purchasing decision Acer notebook, while
the product quality and price have an effect on purchasing decision Acer
notebook. Despitefully also, the product quality and purchasing decision Acer
notebook have an effect on consumer satisfaction.
Keywords : brand image, price, quality product, purchasing decision,
consumer satisfaction.
195E13I | 195 E 13 | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain