Text
Analisis Sistem Antrean Pesawat Terbang di Bandara Ahmad Yani Semarang
Salah satu fasilitas umum yang menggambarkan situasi antrean yaitu Bandara
Ahmad Yani Semarang. Masalah yang umum terjadi di bandara, yaitu terdapat pesawat
delay dalam hal kedatangan atau keberangkatan sehingga menyebabkan berubahnya
waktu boarding dan pesawat menunggu terlalu lama di parking stand serta
mengganggu pesawat berikutnya yang akan landing menempati parking stand yang
telah ditentukan sebelumnya. Teori antrean dapat diterapkan pada sistem pelayanan
pesawat terbang di Bandara Ahmad Yani Semarang dengan menentukan model antrean
serta ukuran kinerja sistem sehingga dapat digunakan untuk menentukan banyaknya
sistem pelayanan yang tepat dan efisien. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian
melalui hasil observasi langsung pesawat terbang terbang komersial regular yang
mendarat dan kembali lepas landas serta pelayanan pesawat terbang di Bandara Ahmad
Yani Semarang. Adapun alat analisis yang digunakan untuk mengolah data hasil
penelitian adalah Microsoft Excel, Easyfit, dan GUI R.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kedatangan berdistribusi eksponensial
sedangkan pola pelayanan berdistribusi general. Model antrean yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model antrean kombinasi. Output software Easyfit menunjukkan
bahwa distribusi data pelayanan pesawat berdistribusi Beta dengan banyak fasilitas
(c) = 8 sehingga model antreannya, yaitu (M/Beta/8):(GD/∞/∞). Adapun uji
keefektifan sistem pelayanan dilakukan dengan menguji ukuran kinerja sistem antrean
dan diperoleh peluang bahwa parking stand akan sibuk melayani pesawat sebesar
68,4%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pelayanan di Bandara Ahmad Yani
Semarang sudah cukup efektif.
Kata Kunci : Pesawat, Bandara, Antrean, Distribusi eksponensial, Distribusi general.
1379E2025 | 1379 E 2025 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain