Text
Analisis Pelayanan Kereta Api di Stasiun Purwosari Solo Menggunakan Metode Bayesian
Seiring berkembangnya zaman, kemajuan juga dialami oleh sarana
transportasi. Salah satu fenomena yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari
adalah antrian di sarana transportasi umum. Salah satu antrian yang terjadi pada
sarana transportasi umum adalah antrian kereta api di Stasiun Purwosari. Jumlah
kereta api yang melintasi stasiun dapat menyebabkan tingginya aktivitas dan
kelimpahan lalu lintas, sehingga layanan kereta api di stasiun tersebut menjadi
ramai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja sistem pelayanan
kereta api di Stasiun Purwosari dengan menganalisis metode antrian dan
menentukan distribusi pola waktu kedatangan dan pelayanan. Metode Bayesian
digunakan untuk menghitung distribusi posterior, yang menggabungkan data studi
saat ini dengan informasi sebelumnya. Pola antar kedatangan ditemukan mengikuti
distribusi Weibull, sedangkan pola waktu pelayanan mengikuti distribusi lognormal
dan normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan kereta api di
Stasiun Purwosari dimodelkan sebagai (Gamma/Gamma/2): (GD/∞/∞) dan
(Gamma/IG/2): (GD/∞/∞), dan menunjukkan kinerja yang baik berdasarkan nilai
performansi yang diperoleh.
Kata Kunci: Kereta Api, Stasiun Purwosari, Bayesian, Distribusi Posterior, Model
Antrian, Ukuran Kinerja Sistem Antrian
1190 E 2024 | 1190 E 2024 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain