Text
Evaluasi Kebergunaan Aplikasi Mobile Snapchat Menggunakan Usability Testing
Aplikasi Snapchat merupakan media sosial berbasis mobile untuk melakukan interaksi
dengan orang lain melalui pesan, foto atau video yang dapat diunduh dengan platform
Android maupun IOS. Media sosial yang dulu sempat booming di Indonesia adalah Snapchat
dengan banyaknya aplikasi baru penggunaan aplikasi Snapchat menurun. Aplikasi Snapchat
juga memiliki permasalahan terkait usability atau kebergunaan yang ditemukan pada ulasan
pengguna aplikasi Snapchat di Google Play Store maupun App Store antara lain penempatan
fitur yang tidak sesuai dan tidak adanya perbedaan warna bubble chat antara pengirim dan
penerima. Penelitian ini melakukan evaluasi kebergunaan dengan mengukur tiga aspek
effectiveness, efficiency, dan satisfaction menggunakan metode usability testing dan System
Usability Scale (SUS) serta merekomendasikan perbaikan desain menggunakan metode
User centered design (UCD) dengan menggunakan dua pengujian, dimana pengujian kedua
memberikan rekomendasi perbaikan desain dan melakukan evaluasi menghasilkan
peningkatan pada aspek effectiveness sebesar 12,50%, aspek efficiency sebesar 19,54% dan
skor SUS sebesar 18,75.
Kata Kunci: aplikasi snapchat, kebergunaan, usability testing, system usability scale (SUS),
User centered design (UCD)
1261 F 2024 | 1261 F 2024 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain