Text
Pengembangan Dashboard Pada Data Lalu Lintas Produk Perikanan Di Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta 1
Pengukuran kinerja layanan data lalu lintas produk perikanan (health certificate) di
Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta 1
dilaksanakan secara berkala. Meskipun pengelolaan dan penyediaan informasi terkait
performa layanan telah dilakukan, layanan informasi secara real time masih belum dapat
diwujudkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pemantauan
performa data lalu lintas, termasuk ekspor, impor, dan domestik melalui dashboard.
Informasi mengenai pencapaian performa ini dianggap sebagai manifestasi komitmen
organisasi terhadap penerapan “Sistem Manajemen Mutu” ISO 9001:2016. Penelitian ini
fokus pada standar mutu layanan health certificate sebagai Indikator Kinerja Utama (KPI)
organisasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah metodologi Pengembangan dashboard
yang dikembangkan oleh “Eva Hariyanti”. Proses penelitian melibatkan identifikasi
kebutuhan, perencanaan, perancangan Prototype, dan review Prototype. Implementasi
sistem ini menghasilkan empat jenis dashboard sesuai dengan jenis layanan, meliputi
dashboard health certificate ekspor, health certificate impor, health certificate domestik
masuk, dan health certificate domestik keluar. Pengembangan sistem yang telah dirancang
ini telah diuji oleh manajemen organisasi, dan hasil pengujian menunjukkan bahwa
dashboard layanan jenis tertentu dapat diterima dengan baik dengan tingkat pencapaian KPI
sebesar 99.9416%.
Kata kunci : Balai Besar KIPM Jakarta 1, KPI, Dashboard, Data Lalu Lintas Produk
Perikanan
1243 F 2023 | 1243 F 2023 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain