Text
Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Antarmuka Aplikasi Starbucks Indonesia Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dengan Pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ)
Starbucks memperkenalkan program loyalty berupa sebuah aplikasi mobile dengan nama
Starbucks Indonesia. Aplikasi ini menguntungkan pihak pelanggan dalam menikmati
keuntungan dan keistimewaan yang eksklusif maupun yang personal. Aplikasi Starbucks
Indonesia menurut data yang ditampilkan di Google Play Store, telah memperoleh rating
2,8/4 dari 11 ribu pengguna per tanggal 5 Maret 2023. Berdasarkan penilaian aplikasi
Starbucks Indonesia dan keluhan pengguna, perlu dilakukan evaluasi user experience yang
ada untuk mengidentifikasi area mana yang memerlukan perbaikan. Metode User Centered
Design (UCD) dan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk
mengevaluasi kualitas user experience dari aplikasi loyalty Starbucks Indonesia. Dari hasil
pengujian pertama didapatkan nilai usability pada aspek effectiveness sebesar 89,16%, aspek
efficiency sebesar 86,30%. Sedangkan untuk evaluasi kuesioner UEQ didapatkan nilai UEQ
pada aspek attractiveness sebesar 1,40, aspek perspicuity sebesar 1,49, aspek efficiency
sebesar 1,36, aspek dependability sebesar 1,47, aspek stimulation sebesar 1,08, dan serta
aspek novelty sebesar 1,12. Setelah dihasilkan rekomendasi perbaikan antarmuka aplikasi,
nilai usability mengalami peningkatan dengan aspek effectiveness menjadi 100%, aspek
efficiency menjadi 100%. Sedangkan untuk nilai UEQ juga mengalami peningkatan pada
aspek attractiveness menjadi 2,10, aspek perspicuity menjadi 2,35, aspek efficiency menjadi
2,24, aspek dependability menjadi 2,16, aspek stimulation menjadi 2,11, dan serta aspek
novelty menjadi 1,97. Peningkatan nilai usability dan nilai UEQ tersebut menunjukkan
bahwa rekomendasi perbaikan antarmuka aplikasi yang diberikan menjadi lebih efektif dan
efisien digunakan, serta memberikan pengalaman pengguna menjadi lebih baik daripada
sebelumnya.
Kata kunci : Starbucks Indonesia, usability testing, User Experience Questionnaire, User
Centered Design
1242 F 2023 | 1242 F 2023 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain