Text
Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Daya Konsentrasi Belajar Menggunakan Extended Cox Regression (Studi Kasus di SDN 02 Jenarwetan, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo)
Konsentrasi belajar memiliki andil besar dalam keberhasilan kegiatan
belajar mengajar dan menjadi modal utama bagi siswa dalam menerima serta
menguasai materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan regresi Cox Extended
pada data ketahanan daya konsentrasi belajar siswa kelas 4 – 6 di SDN 02
Jenarwetan diharapkan mampu memberikan informasi terkait faktor-faktor yang
memengaruhi daya konsentrasi belajar siswa sehingga mampu mencapai target
pembelajaran yang optimal dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Metode
Cox Extended digunakan pada penelitian karena terdapat variabel bebas yang
tidak memenuhi asumsi Proportional Hazard, yaitu hazard ratio bernilai konstan
dari waktu ke waktu. Estimasi parameter menggunakan metode Maximum Partial
Likelihood Estimation (MPLE) dengan pendekatan Efron karena terdapat data
dengan kejadian bersama. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata waktu
ketahanan daya konsentrasi belajar siswa kelas 4 – 6 di SDN 02 Jenarwetan
adalah 13,22 menit. Faktor-faktor yang memengaruhi ketahanan daya konsentrasi
belajar siswa adalah tingkat motivasi belajar dan tingkat stres yang dialami siswa.
Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi mampu mempertahankan konsentrasi
belajarnya dalam jangka waktu yang lama ( ( )),
sedangkan siswa dengan tingkat stres yang tinggi lebih berisiko kehilangan
konsentrasi belajar 4,6294 kali lebih tinggi dibandingkan siswa dengan tingkat
stres yang rendah ( ).
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Cox Extended, Pendekatan Efron
1131E2023 | 1131 E 2023 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain