Text
Analisis Faktor Continuance Intention Pada Aplikasi Musik Online Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Variable Enjoyment
Pandemi COVID-19 meningkatkan tingkat kecemasan pada masyarakat dikarenakan
masyarakat tidak dapat keluar dari rumahnya masing-masing. Hal ini membuat masyarakat
tidak mendapatkan hiburan yang diinginkan. Kehadiran aplikasi musik online dijadikan
salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kesenangan sendiri menjadi faktor
utama dalam pandemi COVID-19. Kesenangan dapat membantu masyarakat untuk
mengurangi rasa jenuh pada pandemi COVID-19. Dalam aplikasi musik online terdapat
musik yang dapat didengarkan baik secara online ataupun offline dan juga terdapat algoritma
yang dapat membantu pengguna dalam mendapatkan rekomendasi lagu yang sesuai
preferensi. Beberapa aplikasi musik online yang digunakan masyarakt adalah Spotify,
JOOX, Resso dan lainnya. Aplikasi musik online menawarkan kelebihannya masing masing
dan tidak menutupi bahwa akan bermunculan aplikasi-aplikasi musik online yang baru
sehingga perlu diketahui hal-hal yang mempengaruhi pengguna untuk terus menggunakan
aplikasi musik online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi musik online. Penelitian ini
menggunakan variabel TAM dan tambahan variabel eksternal yaitu perceived ease of use,
perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, dan continuance intention. Dalam
penelitian ini, data yang digunakan berasal dari kuesioner yang diisi oleh 298 responden
dengan skala likert 1-5. Semakin besar skala likert, maka semakin setuju responden terhadap
suatu pernyataan. Hipotesis pada penelitian ini berjumlah tujuh hipotesis. Hasil dari
penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3.5. Penelitian ini
menemukan bahwa dari tujuh hipotesis, enam hipotesis diterima dan satu ditolak. Pengguna
menikmati dan senang dalam penggunaan aplikasi musik online, pengguna merasa tertarik
dalam penggunaan musik online, pengguna berniat akan terus menggunakan musik online
dan merekomendasikan musik online ke pengguna lain dan juga persepsi kesenangan
memiliki pengaruh terhadap niat keberlanjutan penggunaan aplikasi musik online.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Musik Online, Variabel Enjoyment, TAM,
Continuance Intention
1039F20225 | 1039/F/20225 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain