Text
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Learning Management System (LMS) Universitas Diponegoro Selama Pandemi Covid-19 Dengan Model Technology Acceptance Model
Sejak Maret 2020, institusi pendidikan melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring
karena pandemi COVID-19 yang ada di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar dilakukan
100% daring dengan berbagai macam media, salah satunya adalah LMS (Learning
Management System). Salah satu institusi pendidikan tersebut adalah Universitas
Diponegoro. Universitas Diponegoro menyediakan media pembelajaran berupa LMS Undip
untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring. Media LMS yang disediakan oleh
Undip bernama Kulon2 yang dapat diakses pada https://kulon2.undip.ac.id. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dari sisi pengguna untuk niat
penggunaan LMS Undip selama pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan pendekatan
TAM (Technology Acceptance Model) yaitu kegunaan yang dirasakan dan kemudahan
penggunaan yang dirasakan, serta faktor-faktor lain berupa efikasi diri, kepuasan,
kesenangan, dan kualitas sistem edukasi. Data yang dikumpulkan adalah data responden
yang bersyarat mahasiswa Universitas Diponegoro yang menggunakan LMS Undip selama
pandemi COVID-19. Data yang terkumpul sebanyak 208 responden. Data dianalisis dengan
metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan
aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian bahwa urutan faktor yang paling berpengaruh
terhadap niat penggunaan adalah: efikasi diri, kualitas sistem edukasi, kesenangan, lalu
kepuasan. Hal tersebut berdampak positif dan signifikan pada niat penggunaan LMS Undip.
Berdasarkan hasil tersebut, berdasarkan persepektif penggunanya, LMS Undip sudah cukup
baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran daring walau masih ada
beberapa kekurangan.
Kata Kunci: Learning Management System (LMS), Technology Acceptance Model
(TAM), PLS-SEM, Efikasi Diri, Kesenangan, Kepuasan, Kualitas Sistem Edukasi, Niat
Penggunaan
1038F2022 | 1038/F/2022 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain