Text
Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Video Conference Menggunakan Metode TTF dan TAM (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Diponegoro)
Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang
memberlakukan pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 dan New Normal dengan
memberdayakan platform video conference. Hal tersebut dilakukan oleh UNDIP agar
kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan dapat tetap dilakukan meskipun disituasi
pandemi Covid-19. Memperhatikan tujuan dari penggunaan platform video conference
tersebut, maka secara langsung berkaitan dengan tujuan pada penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bagaimana faktor – faktor yang memengaruhi penggunaan platform video
conference termasuk dampak penggunaannya. Penelitian tersebut menggunakan model
Task-Technology Fit (TTF) dan Technology Acceptance Model (TAM). Guna mendukung
tercapainya tujuan penelitian maka dilakukan kegiatan pengumpulan data dengan metode
survei responden. Metode survei ditetapkan sebagai pendekatan pengumpulan data utama.
Mengenai semua temuan penelitian dapat diperoleh melalui metode kuantitatif
menggunakan teknik analisis PLS-SEM dengan jumlah sampel data sebanyak 471 data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 hipotesis dan 9 variabel hanya dipergunakan
14 hipotesis dan 8 variabel saja dikarenakan variabel Task Characteristics (TAC) tidak
memenuhi kriteria ketika dilakukan pengujian pada tahap Cronbach’s Alpha. Hasil
pengujian pada tahap tersebut menunjukkan nilai variabel TAC di bawah 0,70 (mendapatkan
nilai 0,686) yang mana data tersebut memiliki makna bahwa variabel Task Characteristics
(TAC) tidak berpengaruh dalam penelitian ini, sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa
permasalahan yang dihadapi dan cara penyelesaian yang dilakukan oleh responden perlu
melibatkan orang lain. Memperhatikan hal tersebut, dapat diketahui bahwa dalam penelitian
ini faktor – faktor yang memengaruhi penggunaan platform video conference termasuk
dampak penggunaan dan penerimaan model (acceptance model) diterima seutuhnya dan
hanya menolak satu variabel yaitu Task Characteristics (TAC).
Kata Kunci: sektor pendidikan, platform video conference, model TTF, model TAM,
variabel TAC
1035F2022 | 1035/F/2022 | Perpustakaan FSM Undip | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain