Text
Evaluasi dan Perancangan Aplikasi Transportasi Umum Dengan Metode HEART
Aplikasi Mobile transportasi umum di Indonesia khususnya Trafi dan Moovit berguna untuk
memberikan kemudahan dalam pemberian informasi ke pengguna dalam penggunaan
transportasi umum. Informasi yang diberikan oleh kedua aplikasi ini adalah informasi
pemberhentian atau halte yang ada di sekitar pengguna, selain itu juga kedua aplikasi ini
memberikan petunjuk rute dan trayek yang harus kita gunakan dalam menempuh tujuan yang
kita inginkan. Menurut survey dari Badan Pusat Statistik Indonesia menyatakan persentase
penduduk berumur 10 tahun ke atas yang menggunakan kendaraan bermotor umum di
Indonesia pada tahun 2020 merupakan 5.74% dan terdapat 1,175,590 pengguna aplikasi
transportasi umum Trafi dan Moovit. Berdasarkan data tersebut, penelitian ini mengevaluasi
aplikasi transportasi umum yaitu Trafi dan Moovit dengan menggunakan metode HEART
untuk meningkatkan nilai kepuasan pengguna sehingga meningkatkan jumlah pengguna
aplikasi transportasi umum. Nilai yang didapatkan lalu dijadikan acuan untuk perancangan
desain antarmuka aplikasi transportasi umum yang lebih baik. Pada pengujian pertama
didapatkan nilai evaluasi dari aplikasi Trafi dan Moovit masing-masing pada aspek
Happiness sebesar 78% dan 77%, aspek Engagement sebesar 75% dan 75%, aspek Adoption
sebesar 78% dan 76%, aspek Retention sebesar 73% dan 72%, dan aspek Task Success
sebesar 78% dan 77%. Setelah dihasilkan desain antarmuka aplikasi M-Transportation, nilai
evaluasi menjadi lebih baik dengan aspek Happiness menjadi 83%, Engagement menjadi
84%, Adoption menjadi 84%, Retention menjadi 83%, dan Task Success menjadi 86%.
Sehingga terjadi peningkatan pengalaman pengguna dari aplikasi transportasi umum
sebelumnya.
Kata kunci: aplikasi transportasi umum, metode HEART, pengalaman pengguna, MTransportation
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain