Text
Analisis Sistem Pelayanan Kereta Api di Stasiun Semarang Tawang Menggunakan Proses Bayesian
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman, dalam bidang transportasi pun mengalami kemajuan. Berkaitan dengan alat transoprtasi, salah satu fenomena yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah antrean pada fasilitas trasnportasi umum. Salah satu antrean yang terjadi pada fasilitas pelayanan umum adalah pada antrean kereta api di Stasiun Semarang Tawang. Banyaknya kereta yang melintas di stasiun dapat menyebabkan sistem pelayanan di stasiun sibuk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah sistem pelayanan kereta Stasiun Semarang Tawang sudah baik atau belum. Hal tersebut dapat diketahui dengan metode antrean yaitu dengan menentukan distribusi pola kedatangan dan pola pelayanan untuk mendapatkan model sistem antrean dan ukuran kinerja sistem. Pada penelitian ini, distribusi pola kedatangan dan pola pelayanan ditentukan dengan mencari distribusi posterior yaitu dengan menggunakan metode bayesian. Metode bayesian dipilih karena mampu mengkombinasikan distribusi sampel pada penelitian sekarang dengan informasi sebelumnya untuk kasus yang sama. Distribusi prior dan fungsi likelihood merupakan unsur yang diperlukan untuk mendapatkan distribusi posterior. Distribusi pola kedatangan dan pola pelayanan yang didapatkan dari informasi prior, mengikuti distribusi poisson. Berdasarkan perhitungan distribusi posterior, diperoleh hasil bahwa distribusi pola kedatangan adalah distribusi uniform diskrit dan distribusi pola pelayanan adalah distribusi poisson. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem pelayanan kereta api di Stasiun Semarang Tawang memiliki model (Uniform Diskrit/Gamma/7:GD/~/~) dan memiliki pelayanan yang sudah baik berdasarkan nilai ukuran kinerja yang didapatkan.
Kata Kunci: kereta, Stasiun Semarang Tawang, bayesian, distribusi posterior, model sistem antrean, ukuran kinerja sistem, uniform diskrit, gamma.
ABSTRACT
Along with the times, transportation has progressed. Regarding the means of transportation, one of the phenomenon that is easily encountered in everyday life is the queue at public transportation facilities. One of the queues that occurred at public transportation facilities is the train queue at Semarang Tawang Station. The number of trains that passes the station can cause the train service at the station busy. This study aims to see whether the train service system of Semarang Tawang Station is good or not. This can be consider by the queues method, determining the distribution of arrival patterns and service patterns to obtain a queues system model and a system performance standard. In this study, the distribution of arrival patterns and service patterns are determined by calculating the posterior distribution using the Bayesian method. The bayesian method was chosen because it is able to combine the sample distribution in the current study with the previous information for the same cases. The prior distribution and the likelihood function are the elements needed to obtain the posterior distribution. The distribution of arrival patterns and service patterns obtained from previous information follows the Poisson distribution. Based on the calculation of the posterior distribution, the result shows that the distribution of the arrival pattern is a discrete uniform distribution and the distribution of the service pattern is a Poisson distribution. The result shows that the train service system at Semarang Tawang Station has a model (Uniform Discrete / Gamma / 7: GD / ~ / ~) and has good service based on the performance values obtained.
Keywords: train, Semarang Tawang Station, bayesian, posterior distribution, the queue model, performance measure of queue system, discrete uniform, gamma.
0826E20IV | 826 E 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain