Text
Penerapan Metode Generalized Structured Component Analysis Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Pasien Klinik Q)
ABSTRAK
Kepuasan konsumen digunakan oleh suatu instansi untuk menilai apakah produk
atau jasa telah sesuai dengan keinginan konsumen. Kepuasan dipengaruhi oleh
faktor-faktor yang tidak dapat diukur secara langsung atau disebut variabel laten
dan dapat diukur melalui indikator yang digunakan untuk mengukur kepuasan
dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Metode Generalized
Structured Component Analysis (GSCA) merupakan bagian dari metode (SEM)
berbasis varian yang tidak memerlukan asumsi distribusi normal multivariat, dan
memiliki ukuran overall goodness of fit. Parameter yang digunakan yaitu nilai
loading faktor,nilai koefisien parameter, dan bobot setiap indikator dan diestimasi
dengan alternating least square. Jenis data yang digunakan data primer dari hasil
kuisioner dengan pengambilan sampelnya stratified proportional random sampling
dan ukuran sampel sebesar 286. Dalam penelitian ini menggunakan indikator
sebagai variabel terukur sebanyak 32 indikator dan terdiri dari 8 variabel laten.
Semua indikator valid dan reliabel mengukur variabel latennya. Untuk evaluasi
model struktural diperoleh bahwa 5 variabel yang memengaruhi kepuasan yaitu
variabel harga, kualitas hasil, kebersihan, pelayanan dokter, dan pelayanan pegawai
dengan besar pengaruh 77,18% serta besar pengaruh kepuasan terhadap loyalitas
sebesar 48,63%. Untuk ukuran overall goodness of fit diperoleh bahwa nilai FIT
sebesar 63,75% dan nilai adjusted FIT (AFIT) sebesar 63,47%. Nilai goodness of
fit (GFI) yang dihasilkan sebesar 96,26% menunjukkan model secara keseluruhan
memiliki tingkat kecocokan yang baik.
Kata Kunci: Generalized Structured Component Analysis, Structural Equation
Modeling, Overall goodness of fit, Alternating Least Square, Stratified
Proportional Random Sampling
ABSTRACT
Customer satisfaction is used by a company to evaluate products or services
whether it is sufficient with customer’s expectations. Satisfaction is influenced by
factors that cannot be measured directly are called latent variables and can be
measured through indicators used to measure satisfaction with Structural Equation
Modeling (SEM). Generalized Structured Component Analysis (GSCA) method is
part of a SEM based on a variant that does not require the assumption of a
multivariate normal distribution and has a measure overall goodness of fit. The
parameters used are factor loading, coefficients parameter, and weight of indicators
and estimated with alternating least square. The type of data used primary data from
the results of the questionnaire with stratified proportional random sampling and
number of samples 286. This research using indicators as measurable variables as
many 32 indicators and 8 latent variable. Considering to the evaluation of the
structural model, it is found there are 5 variables that influence satisfaction, they
are prices, quality yield, cleanliness, doctor's services, and employee services with
a large influence of 77.18% and the impact of satisfaction on loyalty is 48.63 %.
For the overall goodness of fit measure, it is known that the FIT value is 63.75%
and the adjusted FIT (AFIT) value is 63.47%. The goodness of fit (GFI) produced
the value in the amount of 96.43%, indicating that the general model has the good
level of compatibility.
Keywords: Generalized Structured Component Analysis, Structural Equation
Modeling, Overall goodness of fit, Alternating Least Square, Stratified
Proportional Random Sampling.
808E20IV | 808 E 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain