Text
Evaluasi Layanan pada Aplikasi BPJSTKU dengan Menggunakan Domain Deliver, Service, dan Support Berdasarkan Framework COBIT 5 (Studi Kasus : BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda)
Nama : Widy Ageng Prasetyo
NIM : 24010313130076
Judul : Evaluasi Layanan pada Aplikasi BPJSTKU dengan Menggunakan Domain Deliver, Service, dan Support Berdasarkan Framework COBIT 5
(Studi Kasus : BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda)
Title : Evaluation of Services on the BPJSTKU Application Using a Domain
Deliver, Service, and Support Based on COBIT Framework 5
(Case Study : BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda)
ABSTRAK
BPJSTKU adalah aplikasi pelayanan untuk perserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai perluasan media layanan informasi kepada peserta dan masyarakat umum. Fitur aplikasi BPSJTKU memberikan kemudahan memperoleh informasi yang terpusat mengenai program BPJS Ketenagakerjaan, cara pendaftaran kepesertaan, cek saldo dan simulasi JHT (Jaminan Hari Tua), antrian online pengajuan klaim JHT, pengaduan, informasi kantor cabang, berita kegiatan, dan informasi contact centre. Layanan BPJSTKU adalah layanan berbasis teknologi informasi (TI) yang harus dikelola dengan baik agar layanan diterima masyarakat sebagai layanan yang optimal dan memuaskan. Tata kelola teknologi informasi perlu di audit dan dievaluasi secara periodik untuk mengukur, meningkatkan, atau menjaga kualitas layanan. Pada penelitian ini dilakukan proses audit dan evaluasi tata kelola TI layanan BPJSTKU dengan framework COBIT 5 dengan target domain Deliver, Service, dan Support (DSS). Hasil penelitian menunjukkan capability level dari proses DSS02 (manage service requests and incidents), DSS04 (manage continuity), dan DSS06 (manage business process controls) telah berada pada level maksimum yaitu 5 (optimizing process). Sedangkan capability level dari proses DSS01 (manage operations) dan proses DSS03 (manage problems) berada di level 3 (established process), dan proses DSS05 (manage security services) berada di level 1 (performed process). Rekomendasi yang dapat diberikan adalah melaksanakan aktifitas dan menghasilkan output yang dimintakan oleh framework COBIT 5. Di proses DSS05 harus dilakukan perbaikan pada proses mengelola keamanan titik akhir, mengelola akses fisik ke aset TI, mengelola dokumen sensitif dan perangkat output, dan memantau infrastruktur untuk kejadian terkait keamanan. Di proses DSS01 harus dilakukan perbaikan pada proses memonitor infrastruktur TI, mengelola lingkungan, dan mengelola fasilitas. Di proses DSS03 harus dilakukan perbaikan pada proses mengidentifikasi dan klasifikasikan masalah, menyelidiki dan diagnosa masalah, dan proaktif menyelesaikan masalah.
Kata Kunci : Audit dan Evaluasi tata kelola TI, Framework COBIT 5, Domain
DSS (Delivery, Service, and Support).
ABSTRACT
BPJSTKU is an application for BPJS Employment participants as an expansion of information service media to participants and the general public. The BPSJTKU application feature makes it easy to get centralized information about the BPJS Employment program, how to register for membership, balance checks and JHT (Old Age Security Assurance) simulations, online queues for filing JHT claims, complaints, branch office information, activity news, and contact center information. BPJSTKU services are information technology (IT) based services that have to managed well so that services are accepted by the community as optimal and satisfying services. Information technology governance needs to be audited and evaluated periodically to measure, improve or maintain service quality. In this research, an audit and evaluation process of IT governance in BPJSTKU services implement the Cobit 5 framework with the target domain Deliver, Service and Support (DSS). The results showed the capability level of the DSS02 process (manage service requests and incidents), DSS04 (manage continuity), and DSS06 (manage business process controls) were at the maximum level of 5 (optimizing process). While the capability level of the DSS01 process (manage operations) and the DSS03 process (manage problems) are at level 3 (established process), and the DSS05 process (manage security services) are at level 1 (performed process). Recommendations that can be given are carrying out activities and producing outputs requested by the Cobit 5 framework. In the DSS05 process improvements must be made to the process of managing endpoint security, managing physical access to IT assets, managing sensitive documents and output devices, and monitoring infrastructure for related security events. In the DSS01 process improvements must be made to the process of monitoring IT infrastructure, managing the environment, and managing facilities. In the DSS03 process improvements must be made to the process of identifying and classifying problems, investigating and diagnosing problems, and proactively resolving problems.
Keywords: Audit and Evaluation of IT governance, COBIT 5 Framework, DSS (Delivery, Service, and Support) Domain.
894F20IV | 894 F 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain