Text
Analisis Motivasi dan Niat Keberlanjutan Penggunaan Aplikasi Kencan Menggunakan Uses and Gratifications Theory dan Expectation-Confirmation Model
ABSTRAK
Aplikasi kencan merupakan layanan kencan online yang ditampilkan melalui mobile
application sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Penggunaan aplikasi
kencan di Indonesia termasuk tinggi dan menyebabkan terjadinya persaingan antar
perusahaan aplikasi kencan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang
menjadi motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan aplikasi kencan, dan faktorfaktor yang dapat mempengaruhi niatan mereka untuk melanjutkan pengggunaan aplikasi.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan aplikasi kencan untuk
mempertahankan penggunanya karena persaingan yang semakin kompetitif. Model yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications Theory sebagai motivasi
intrinsik pengguna, dan Expectation-Confirmation Model sebagai niat keberlanjutan
penggunaan. Penelitian dilakukan selama dua minggu dari 4 sampai dengan 16 Febuari
2020. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan dalam bentuk Google Forms
melalui media sosial kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi kencan.
Responden yang digunakan sebanyak 236 orang. Teknik analisis data menggunakan Partial
Least Square-Structural Equation Modeling dan aplikasi SmartPLS 3.2.7. Hasil
menunjukkan bahwa Friendship dan Location-based Search memiliki pengaruh signifikan
terhadap persepsi manfaat responden terhadap aplikasi kencan. Ini berarti bahwa banyak
responden menggunakan aplikasi kencan untuk mencari pertemanan (Friendship), dan
melakukan pencarian berbasis lokasi (Location-based Search). Faktor yang menentukan
niatan keberlanjutan penggunaan aplikasi kencan yaitu kepuasan (Satisfaction) dan persepsi
manfaat (Perceived Usefulness) pengguna terhadap aplikasi kencan. Pengguna
mengandalkan kesesuaian ekspektasi awal mereka terhadap aplikasi kencan dengan
pengalaman mereka yang sebenarnya untuk menentukan manfaat dan kepuasan mereka.
Kata Kunci: Uses and Gratifications Theory, Expectation-Confirmation Model (ECM),
Partial Least Square-Structural Equation Modeling, aplikasi kencan, SmartPLS 3.2.7
ABSTRACT
Dating application is an online dating service that is displayed through a mobile
application so that it can be used anytime and anywhere. The use of dating applications in
Indonesia is high and causes competition among dating application companies. This study
aims to examine the factors that motivate Indonesian people to use dating applications, and
the factors that can influence their intention to continue using the application. The results of
this study are expected to help dating application companies to maintain their users due to
increasingly competitive competition. The model used in this study is the Uses and
Gratifications Theory as the user's intrinsic motivation, and the Expectation-Confirmation
Model as the intention to continue using. The study was conducted for two weeks from 4 to
16 February 2020. Data was collected through a questionnaire distributed in the form of
Google Forms through social media to the people of Indonesia who use dating applications.
The respondents used were 236 people. Data analysis techniques using Partial Least
Square-Structural Equation Modeling and SmartPLS applications 3.2.7. The results show
that Friendship and Location-based Search have a significant influence on the perception
of the benefits of respondents on dating applications. This means that many respondents use
dating applications to search for friendship, and to do location-based search. Factors that
determine the intention to continue using dating applications are satisfaction (satisfaction)
and the perceived usefulness (Perceived Usefulness) of users of dating applications. Users
rely on the appropriateness of their initial expectations for dating applications with their
true experience to determine their benefits and satisfaction.
Kata Kunci: Uses and Gratifications Theory, Expectation-Confirmation Model (ECM),
Partial Least Square-Structural Equation Modeling, online dating application, SmartPLS
3.2.7
889F20IV | 889 F 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain