Text
Analisis Antrean Non Poisson Pesawat Penumpang Bandara Internasional Ahmad Yani
ABSTRAK
Pesawat merupakan transportasi efektif jika dibandingkan dengan transportasi
darat dan laut. Hal ini menyebabkan pertumbuhan permintaan (demand) arus
pergerakan, baik itu penumpang maupun pesawat tiap periode waktu selalu
meningkat. Namun masalah yang umumnya terjadi adalah kondisi dimana
kapasitas bandara tidak dapat meningkat secara simultan dengan peningkatan
jumlah pergerakan yang bersifat linier dan berpola fluktuatif. Berdasarkan uraian
di atas, salah satu contoh sistem antrean yang sering di jumpai dalam kehidupan
sehari-hari yaitu sistem pelayanan transportasi contoh nya yaitu antrean pesawat
di Bandara Internasional Ahmad Yani . Berdasarkan pengamatan yang di lakukan
waktu boarding pesawat tidak sesuai dengan jadwal yang ada biasa hal ini di
sebabkan karena kedatangan pesawat yang tidak tepat waktu. Hal tersebut
menyebabkan parking stand bandara penuh atau sibuk dan dapat menghambat
kedatangan pesawat berikut nya. Sehingga Penerapan metode antrean dapat
mengatasi permasalahan dalam keterbatasan fasilitas parking stand pesawat
dibandara Ahmad Yani Semarang. Berdasarkan hasil analisis data model yang di
hasil kan model sistem antrian pesawat penumpang di Bandara Internasional
Ahmad Yani (G/G/8):(GD/∞/∞). Model non poison distribusi waktu antar
kedatangan adalah Log normal dan waktu pelayanan berdistribusi Log logistic,
banyak server 8 dengan disiplin antrean yang di gunakan adalah FIFO , kapasitas
pelayanan tidak terbatas, dan sumber pemanggilan tidak terbatas.
Keywords: Pesawat, Sistem antrean, Non-Poisson, Log Normal, Log Logistik,
ABSTRACT
Aircraft are effective transportation compared to land and sea transportation. This
causes the growth of demand (demand) flow of movement, both passengers and
aircraft each time period is always increasing. However, the problems that occur
are the problems that occur. Meanwhile, the problems that occur are capacity
building. Based on the description above, one example of a queue system that is
often encountered in daily life is the transportation service system, for example
the plane queue at Ahmad Yani International Airport. Based on observations
made while boarding the plane, it is not according to the schedule, which is
normal because of the arrival of the plane that is not on time. This causes the
airport parking lot to be full or busy and can prevent the arrival of the aircraft.
Related to the application of the queue method can overcome the difficulties in
standing aircraft parking facilities at Ahmad Yani Airport in Semarang. Based on
the results of the analysis of the model data the model of the passenger plane
queue system at Ahmad Yani International Airport (G / G / 8) :( GD / ∞ / ∞). The
non-toxic model of time distribution between arrivals is the normal log and
logistic distribution time, many servers 8 with queue discipline use FIFO,
unlimited service capacity, and unlimited transfer resources.
Keywords: Aircraft, Queue System, Non-Poisson, Normal Log, Logistic Logic,
819E20IV | 819 E 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain