Text
Analisis Metode Bayesian Pada Sistem Antrean Pelayanan Loket Tiket Stasiun Tawang Semarang
ABSTRAK
Kemacetan adalah salah satu masalah serius yang disebabkan oleh meningkatnya
volume kendaraan. Pemerintah membuat solusi untuk permasalahan ini salah satunya
adalah dengan transportasi umum. Kereta api adalah salah satu transportasi umum yang
cocok digunakan untuk rute perjalanan yang cukup jauh dengan harga tiket yang
terjangkau. Stasiun Tawang Semarang adalah salah satu stasiun kereta api terbesar di
Kota Semarang. Di hari-hari tertentu seperti hari libur atau hari besar, banyak orang
memilih sarana transportasi umum kereta api untuk perjalanannya. Hal ini
menyebabkan fenomena mengantre di loket stasiun. Model teori antrean memiliki
kedatangan dan pelayanan yang acak. Teori Bayesian cocok digunakan untuk
menganalisis sistem antrean yang telah berjalan cukup lama. Berdasarkan analisis
model antrean untuk loket customer service, cetak tiket mandiri, pembatalan dan
pemesanan didapatkan model antrean (G/G/c):(GD/∞/∞) dari distribusi posterior yang
merupakan hasil dari distribusi prior dan juga likelihood sampel. Kombinasi distribusi
prior dan likelihood sampel yang digunakan adalah distribusi Poisson untuk semua loket
kecuali pada kedatangan loket pembatalan menggunakan distribusi prior Normal.
Likelihood sampel yang digunakan adalah distribusi Poisson untuk semua loket kecuali
loket cetak tiket mandiri yaitu likelihood distribusi Uniform Diskrit. Dari hasil
perhitungan dan juga analisis yang telah dilakukan didapat sistem pelayanan pelanggan
pada loket customer service, cetak tiket mandiri, pembatalan dan pemesanan sudah baik
karena memenuhi kondisi steady state dan tingkat kesibukan lebih besar dari tingkat
menganggur.
Kata Kunci : Stasiun Tawang Semarang, Teori Antrean, Teori Bayesian, Customer
Service, Cetak Tiket Mandiri, Pembatalan, Pemesanan
ABSTRACT
Jamming is one of the serious problem in Indonesia caused by the increase
of vehicle. The government has made solution for this situation for example was
public transportation. Train is one of the suitable public transportation because of the
ticket price was cheap. Tawang Railway Stasion Semarang was the biggest railway
station in Semarang. In the specific day such long holiday or celebrating day, many
people have chosen train to bring them. This make a queuing situation on the counter
of station. Queue theory models provide the random of arrival and service time. The
Bayesian theory suits to handle the problem of queuing that has been working for
several times. Based on the analysis of the queue models for customer service, selfprint tickets, cancellation and ordering are (G/G/c):(GD/∞/∞) from the posterior
distribution with combination from prior distribution and likelihood sample. The
combination of prior distribution and likelihood sample used in this research is
Poisson distribution for all ticket counter except the arrival for cancellation counter
which Normal distribution. The likelihood sample used Poissonn distribution for all
ticket counter, except for self-print tickets which Diskrit Uniform Distribution.
Queue models can be used to count the size of the system performance. Based on the
calculations and analysis, it can be concluded that the queueing system to the
customer service, self-print tickets, cancellation and ordering have been good
because its steady state and busy probability is higher than jobless probability.
Keywords: Tawang Railway Station, Queue, Bayesian, size of the system
performance
805E20IV | 805 E 20-iv | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain