Text
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kontinuitas Penggunaan M-Payment Dengan Technology Acceptance Model (TAM)
ABSTRAK
Maraknya aplikasi pembayaran digital seperti GoPay, OVO, dan DANA menyebabkan
berkembangnya penggunaan m-payment pada berbagai sektor, salah satu contohnya adalah
penggunaan m-payment untuk membayar parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor yang menyebabkan niat keberlanjutan penggunaan m-payment untuk membayar parkir
dengan mengadposi model Technology Acceptance Model (TAM) dengan tambahan variabel
m-payment experience, satisfaction, dan continuance intention. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner melalui LINE, Whatsapp, dan Instagram yang menghasilkan
108 responden yang sesuai dengan kriteria. Data yang terkumpul dianalisa dengan metode
Partial Least Square (PLS) dengan software smartPLS 3.2.8. Hasil dari perhitungan yang telah
dilakukan mendapati bahwa perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap actual use
penggunaan m-payment untuk membayar parkir, sedangkan variabel lainnya fit dengan model
yang diusulkan.
Kata kunci : mobile parking service, m-payment, Technology Acceptance Model (TAM),
Continuance Intention
ABSTRACT
The rise of digital payment applications such as GoPay, OVO, and DANA in Indonesia has led
the development of the use of m-payment in various sectors, the most recent thing is the use of
m-payment to pay parking fee. This study aims to determine the factors that cause the
continuance intentions of the use of m-payment to pay parking fee by adopting the Technology
Acceptance Model (TAM) model with m-payment experience, satisfaction, and continuance
intention as additional variables. The data was collected by spreading the questionnaires
through LINE, Whatsapp, and Instagram which produced 108 respondents who met the criteria.
Then the collected data analyzed using the Partial Least Squares (PLS) method through
SmartPLS 3.2.8 software. The result from the calculations show that perceived usefulness
doesn’t affect the actual use of the use of m-payment to pay parking fee, while the other
variables fit the proposed model.
Keywords : mobile parking service, m-payment, Technology Acceptance Model (TAM),
Continuance Intention
868F20III | 868 F 20iii | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain