Text
Aplikasi Etalase Jual Beli Barang Bekas Berbasis Web Menggunakan Metode Object-Oriented Analysis and Design (OOAD)
ABSTRAK
Transaksi jual beli barang bekas merupakan kegiatan umum yang banyak terjadi di
lingkungan masyarakat terkhusus di lingkungan Universitas Diponegoro. Masyarakat pada
umumnya melakukan transaksi jual beli barang bekas di grup-grup media sosial tertentu
yang hanya menjangkau sedikit saja masyarakat, menjadikan barang tersebut kurang
peminat sehingga harga jual barang menjadi tidak layak. Oleh karena itu Badan Eksekutif
Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika bersama dengan penulis membangun aplikasi
jualin.id sebagai wadah untuk memfasilitasi masyarakat dalam memasarkan barang bekas
nya. Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode Object-Oriented Analysis and Design
(OOAD) dan menghasilkan aplikasi jualin.id berbasis web. Pengembangan seperti
perubahan ataupun penambahan fitur aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
karena aplikasi dibangun dengan metode OOAD sehingga dapat menggunakan kembali
(reusability) objek-objek yang telah dibuat. Pengujian dilakukan dengan menggunakan
metode black-box testing. Hasil pengujian black-box menunjukkan bahwa semua butir uji
dinyatakan diterima dan sesuai dengan requirement. Pengujian performa respon 3 (tiga) fitur
utama aplikasi menunjukkan bahwa waktu respon meningkat 3 kali lipat ketika data barang
di atas 20 ribu. Hal ini terjadi karena kurang efisiennya algoritma dan query yang dibangun.
Kata Kunci : Jual Beli Barang Bekas, Jualin.id, Web, Object-Oriented Analysis and Design
(OOAD), BEM FSM UNDIP.
ABSTRACT
Buying and selling used goods are common activities that often occur in the
community especially at the University of Diponegoro. People used to trade used goods in
certain social media groups that only reach a small number of people, making the goods less
interested so the selling price of goods is not feasible. Therefore the Student Executive Board
of the Faculty of Science and Mathematics together with the author built the jualin.id
application as a media that facilitates the public in marketing their used goods. The
application was built using the Object-Oriented Analysis and Design (OOAD) method it is
a web-based application named jualin.id. Development such as changes or additional
features of this application can be done easily and quickly because it can reuse the objects
that have been made. Testing was done using the black-box testing method. Black-box test
results indicated that all test cases were declared acceptable and in accordance with the
requirements. Testing the response performance of 3 (three) main features of the application
has shown that the response time increased 3-fold when the data were above 20 thousand
records. This happened because of the lack of efficiency of the algorithm and the query being
built.
Keywords : Sale and Purchase of Used Goods, Jualin.id, Web, Object-Oriented Analysis
and Design (OOAD), BEM FSM UNDIP.
862F20III | 862 F 20-ii | Perpustakaan FSM Undip (Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain